Verification: 27a3a887773ff714

Bupati Lombok Utara Buka MTQ ke-9 

  • Bagikan
Bupati Lombok Utara Buka MTQ ke-9 
Sabolah

Lombok Utara, Lombok Fokus – Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-9 Kabupaten Lombok Utara (KLU) secara resmi dibuka oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, Senin (11/10). Kegiatan rutin tahunan tersebut kali ini tidak terleksana seperti tahun-tahun sebelumnya lantaran mengikuti protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah.

Bupati Djohan mengungkapkan, perhelatan MTQ tersebut diharapkan akan membawa dampak baik pada kecintaan pada Al-Qur’an. Terlebih MTQ adalah untuk meningkatkan kegemaran membaca quran beserta menyampaikan tuntunan yang bermuara pada membumikan quran serta menegakkan syiah islam. Pihaknya tak ingin kegiatan ini semata hanya menjadi hajatan.

BANK NTB Syariah

“MTQ ini adala kegiatan tahunan yang berjenjang dari tingkat desa, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional. Maka dai itu jangan dijadikan sebagai pembinaan qori dan hafiz semata, tapi harus, yang lebih penting mampu mengamalkan isi dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Terlebih dalam perkembangan teknologi saat ini di mana anak-anak muda cenderung larut dalam canggihnya teknologi. Maka dari itu, quran diharapkan bisa menjadi satu satunya pedoman kehidupan sehingga kegiatan bermasyarakat bisa terlaksana dengan baik.

“Karena itulah dengan terselenggaranya MTQ harapan kita semua dapat mengisi relung hati kita dengan quran dari anak kecil sampai dewasa karena tantangan ke depan sangat berat,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Lombok Utara Anding Duwi Cahyadi menjelaskan, pelaksanaan lomba akan dilakukan pada tanggal 11-15 Oktober. Di mana tercatat ada 7 lokasi yang berbeda di antaranya termasuk Masjid Islamic Center Tanjung, TPQ di Gubuk Baru, Masjid di Karang Raden, sampai di tiga titik di SMP 1 Tanjung. Untuk mengawali kegiatan tersebut maka tahap awal akan dilaksanakan Bimtek Dewan Hakkam Tilawah dan Tahfidz supaya mereka diharapkan dapat menilai secara adil dan profesional.

READ  Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor Unram Periode 2022-2026

“Kita akan segera lakukan bimtek supaya dapat memberikan penilaian baik, untuk jalankan tugas sebaik-baiknya saya kira permasalahan yang biasanya timbul insyallah tidak akan terjadi,” jelasnya.

“Sementara dalam jalannya lomba tidak ada masyarakat yang menonton kendati disiarkan secara streaming yang difasilitasi oleh Kominfo Lombok Utara. Untuk peserta yang akan bertanding tercatat 193 kafilah dengan rincian Kecamatan Pemenang 46 orang, Tanjung 49 orang, Gangga 25 orang, Kayangan 45 orang, dan Bayan 28 orang,” pungkasnya.(ric)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral