Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600

Unram dan Kemendes PDTT Sinergi Tingkatkan SDM Desa

Unram dan Kemendes PDTT Sinergi Tingkatkan SDM Desa
Rektor Unram dan Karo Humas Kemendes PDTT usai penandatanganan MoU
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal (PPDT), tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Buktinya, dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di desa, Jumat (25/3/2022), Pemerintah melalui Kemendes PDTT bersinergi dengan Universitas Mataram atau Unram, yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang memacu kinerja agar dapat memberikan kontribusi dan karya nyata, yang dalam implementasi (pelaksanaannya) di lapangan memerlukan kemitraan dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

BANK NTB Syariah

“Kami yang jauh dari Pusat ini sangat berharap kita berkolaborasi dan bekerjasama, bukan berarti tidak mandiri, tetapi kami punya keterbatasan-keterbatasan yang banyak hal tidak mampu kami lakukan sendiri. Jadi, kami butuh Kerjasama,” ungkapnya.

Sementara Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemendes PDTT RI Dra. Erlin Chaerlinatun M., menyampaikan bahwa implementasi kerjasama diarahkan pada peningkatan SDM dalam hal rekognisi pembelajaran lampau (RPL).

“Kementerian Desa sedang berfokus melakukan peningkatan SDM dalam hal rekognisi pembelajaran lampau atau RPL, yang merupakan upaya peningkatan kapasitas aparat desa, pengurus desa dan BUMDes yang belum mendapatkan kesempatan pendidikan S1,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa program tersebut akan memberikan beasiswa kepada kepala desa, penggiat desa, pendamping desa dan elemen atau unsur di desa lainnya.

“Terdapat sekitar 74.000 desa yang dijadikan target dalam program RPL,” sebutnya.

Tampak hadir Wakil Rektor (WR) I Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A., WR III Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si.; WR IV Yusron Saadi, S.T., M.Sc., Ph.D., para Kepala Biro, Ketua LPPM dan para dekan lingkup Unram. (Djr)

Facebook

Sabolah
READ  Link Pengumuman Unram Jalur Mandiri 2021
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification