google-site-verification=mNbK5priajcJNdqSMFETfr0zURnqarSSZmu1zHiHDpU Verification: 27a3a887773ff714

Tiga Minyak Suku Sasak Paling Terkenal dan Super Ampuh

  • Bagikan
Tiga Minyak Suku Sasak Paling Terkenal dan Super Ampuh
Tiga Minyak Suku Sasak Paling Terkenal dan Super Ampuh. Source : lombokterkini.id
Sabolah

Lombok merupakan pulau kecil yang mempunyai banyak kepercayaan dengan hal mistis, kali ini Lombok Fokus akan meangkum beberpa minyak Suku Sasak atau masyarakat Lombok yang paling terkenal.

 

Iklan PUPR Lotara

Minyak ini biasa digunakan untuk pengobatan dan penggunaan lainnya seperti mengobati luka dan pelindung badan. biasanya minyak-minyak ini digunakan untuk “Ngorek (Tradisi ngorek merupakan kesenian tradisional masyarakat Suku Sasak khususnya di Kabupaten Lombok Tengah dengan membacok diri dengan senjata tajam pada saat prosesi nyongkolan)” atau menusuk diri tanpa terluka oleh masyarakat Lombok.

Berikut ini beberpa minyak yang paling populer di Lombok

Minyak Songak

Minyak Songak adalah sebuah obat-obatan tradisional khas Lombok yang tidak dapat ditemukan ditempat lain. Khasiat dari pada minyak Songak ini terkenal ampuh dalam mengobati luka-luka sabetan senjata tajam, atau luka robek akibat kecelakaan.

Songak adalah nama sebuah Desa yang berada di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Dinamakan minyak Songak, karena obat ini hanya ada dan hanya dibuat oleh warga Desa Songak sejak zaman nenek moyang.

Salah satunya adalah tradisi pembuatan minyak Songak yang hanya dapat dilakukan pada 12 Rabiul Awal atau yang bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Minyak  Sumbek

TGH. Abdul Gafur oleh pengikut dan keturunannya biasa dipanggil dengan sebutan Syekh Abdul Gafur sementara di kalangan keluarga raja Bali-Cakra ia dikenal sebagai Dukuh Gafur.

Abdul Gafur juga orang yang sangat disegani di masyarakat Sasak. Karena kesalehan dan kecerdasannya. Selain itu Ia dikenal sebagai orang yang memiliki keromah, memiliki kelebihan-kelebihan tertentu yang diberikan oleh Allah kepadanya.

Beberapa kelebihan yang dimilikinya antara lain: dapat menghilangkan bau jenazah, pinter menafsirkan mimpi dan “dianggap” mampu meramal kejadian-kejadian yang akan dihadapi seseorang dari mimpinya, mampu menyembuhkan orang-orang yang sakit, dialah yang membuat minyak yang oleh orang Sasak menyebutnya “minyak sumbek”. Minyak tersebut dapat digunakan untuk pengobatan, atau untuk hal-hal lainnya.

READ  Safari di Lotim dan Santunan Yatim, IPNU NTB Ajak Santri Cintai Kiyai

Minyak Sumbek adalah sebuah minyak tradisional khas Lombok yang tidak dapat ditemukan ditempat lain dan hanya dapat bisa didapatkan di Makam Sumbek. Khasiat dari pada minyak sumbek ini terkenal ampuh dalam mengobati luka-luka sabetan senjata tajam, atau luka robek akibat kecelakaan serta bisa digunakan sebagai pelindung diri ketika ingin berkelahi atau melakukan ngorek.

Dusun Sumbek berada di Desa Muncan, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Minyak Jaran

Minyak Jaran Peresak sering dimaknai oleh masyarkat sebagai obat kuat Pria dalam urusan ranjang tetapi sesungguhnya tidak itu saja, melainkan Minyak Jaran itu mengandung khasiat banyak sekali di-antaranya dapat meningkatkan stamina tubuh, mencegah dan mengobati sakit pinggang, meningkatkan imun tubuh termasuk perkasa dalam hubungan suami-istri.

Sejak tahun 2000 Minyak Jaran Peresak mulai dikomersilakan dipasar lokal dengan harga terjangkau, takaran 60 milliliter dibandrol Rp 35 ribu dan ukuran 200 milliliter Rp 125 ribu.

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral