Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
Gadget  

Cara Cek Saldo e-Toll di HP dengan Mudah

Cara Cek Saldo e-Toll di HP dengan Mudah
https://pixabay.com/illustrations/payment-systems-1169825/
Sabolah

Penggunaan uang elektronik menjadi kemudahan tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan saat ini uang elektronik digunakan sebagai pembayaran gerbang tol atau yang biasa disebut e-Toll. Ternyata kartu ini bukan hanya sebagai pembayaran di tol, tetapi bisa juga digunakan sebagai pembayaran tempat parkir di beberapa mall. Selain itu uang elektronik juga bisa digunakan untuk pembayaran makanan, minuman, bioskop, dan lainnya. Namun saat ini tidak perlu khawatir dalam melihat sisa uang yang ada di uang elektronik tersebut. Berikut ini cara cek saldo e-Toll di hp dengan cara mudah dan praktis. Pada cara pengecekan saldo ada dua cara yaitu menggunakan NFC dan tidak menggunakan NFC.

Cara Cek Saldo e-Toll di HP NFC

BANK NTB Syariah

Cara cek saldo e-Toll di hp dengan mudah bisa dilakukan menggunakan HP NFC dan internet yang memadai. NFC adalah fitur yang bisa digunakan sebagai bantuan alat pembayaran dengan menempelkan kartu di HP. Salah satu yang bisa digunakan oleh NFC adalah mengecek saldo brizzi dengan mudah di mana saja. Berikut ini caranya.

1. Download aplikasi BRI Mobile

Sebelum mengecek saldo yang dimiliki dalam e-Money, download dahulu aplikasi mobile untuk transaksi tersebut. Aplikasi bisa didapatkan melalui playstore dengan mudah. Jika sudah memiliki aplikasinya, buka aplikasi dan tunggu beberapa saat sampai menu transaksi terlihat.

2. Pilih Brizzi

Jika semua menu sudah terlihat, langkah selanjutnya adalah pilih atau klik Brizzi untuk informasi dan transaksi yang bisa dilakukan dengan kartu uang elektronik tersebut. Menu Brizzi digunakan khusus untuk pengecekan uang elektronik dengan mudah melalui aplikasi mobile sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan fitur NFC dan internet yang stabil.

READ  Windows 11 Siap Diluncurkan Kamis Besok

3. Tempelkan kartu

Pengecekan kartu uang elektronik menggunakan NFC dengan menempelkan di bagian belakang smartphone agar transaksi bisa dijalankan. Tunggu beberapa saat hingga kartu bisa terbaca sempurna oleh aplikasi. Jika kartu sudah terbaca akan muncul pilihan yang dapat dipilih untuk pengecekan saldo e-Toll.

Jika kartu uang elektronik yang sudah ditempelkan pada belakang hp gagal dibaca. Cobalah untuk melakukan ulang sampai ada informasi jika kartu sudah selesai dibaca. Tandanya adalah menu yang terlihat untuk transaksi e-Toll yang sudah dilakukan.

4. Pilih Info Saldo

Jika kartu sudah terbaca ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan yaitu Info Kartu, info Saldo, dan Info History Transaksi. Klik Info Saldo untuk melihat jumlah uang yang ada di dalam kartu. Tunggu beberapa saat hingga jumlah sisa saldo muncul dan dapat digunakan untuk transaksi selanjutnya.

NFC dalam penggunaan uang elektronik bisa digunakan dalam pengecekan saldo, top-up, dan melihat riwayat transaksi yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. Sehingga NFC sangat memudahkan seseorang dalam transaksi menggunakan uang elektronik.

Cara Cek Saldo e-Toll di HP Tanpa NFC

Jika HP yang dimiliki tidak mendukung fitur NFC, pemilik e-Toll tidak perlu khawatir untuk mencari atm terdekat. Sebab, pengecekan saldo bisa dilakukan melalui smartphone dengan mudah dan cepat bagi pemilik e-Money dari Mandiri. Berikut cara pengecekan e-Toll dengan mudah yang bisa dilakukan dimanapun secara praktis.

1. Buka laman resmi bank Mandiri

Jika HP yang dimiliki tidak mendukung fitur NFC, cobalah mengunjungi laman resmi Mandiri untuk pengecekan dengan membuka ib.mandiri.co.id tunggu sampai terbuka.

2. Masuk laman dengan akun yang dimiliki

Jika halaman sudah terbuka, masuk menggunakan akun yang sudah dimiliki dengan benar. Masukkan data akun yang sesuai dan hindari memberitahukan data tersebut ke orang lain untuk mencegah penggunaan yang tidak diinginkan.

READ  Spesifikasi ASUS Chromebook Flip C214MA, Harga 5,9 Jutaan

3. Pilih bagian menu Uang Elektronik

Jika login dengan akun sudah berhasil, pemilik e-Toll akan dibawa ke halaman utama dengan banyak fitur yang bisa digunakan dalam perbankan. Dalam mengecek saldo e-toll pilih pada menu yang bertuliskan Uang Elektronik atau e-Money.

Jika sudah berhasil, pilih Mandiri e-Money untuk pengecekan saldo e-Toll melalui smartphone.

4. Pilih menu Informasi Saldo

Setelah menu Mandiri e-Money berhasil muncul, langkah selanjutnya adalah pilih menu Informasi Saldo untuk melihat uang yang tersimpan di dalam kartu elektronik tersebut. Menu ini akan menampilkan berapa saldo sisa dari kartu yang dimiliki yang bisa digunakan untuk pembayaran selanjutnya.

5. Masukkan nomor kartu e-Money

Berbeda dengan pengecekan saldo melalui hp dengan fitur NFC, pada langkah mengetahui saldo tanpa fitur tersebut perlu memasukkan nomor kartu yang tertera di belakang. Masukkan 16 nomor tersebut di tempat yang sudah ditentukan agar saldo dapat terlihat. Setelah itu klik kirim agar proses berhasil. Tunggu proses pengecekan selesai sampai dan saldo uang elektronik akan muncul.

Pengecekan sisa saldo e-Toll yang mudah dilakukan tanpa hp NFC ternyata bisa membantu sebelum pergi ke tempat yang diinginkan dalam pembayaran. Sehingga pastikan dulu saldo Anda cukup sebelum bepergian.

Dalam kehidupan sehari-hari uang elektronik memang sudah diberlakukan di gerbang tol, tempat parkir, dan lainnya. Sehingga perlu adanya cara cek saldo e-Toll di hp dengan mudah melalui NFC. Salah satu hp dengan fitur NFC yang bisa dimiliki adalah samsung a32 5g yang memiliki desain elegan dan ramping cocok dibawa kemana saja untuk mengecek saldo e-Toll tanpa perlu ribet datang ke atm.

Anda dapat membeli Samsung A32 5G dengan fitur NFC yang bisa mempermudah pengecekan saldo e-Toll melalui aplikasi e-commerce Blibli yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia dengan produk yang original, cepat, dan mudah. Barang akan langsung sampai tanpa perlu keluar rumah. (red/*)

READ  Harga Samsung A32 Terbaru, Cuma Rp 3 Jutaan

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification