Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
IKLAN PANJANG

Sestama BIN Beri Kuliah Umum di Acara PKKMB Unram

Sestama BIN Beri Kuliah Umum di Acara PKKMB Unram
Sestama BIN RI saat memberikan kuliah umum di Unram
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – “Mimpilah setinggi langit, karena kalau kamu jatuh akan jatuh di antara bintang-bintang”. Demikian kata mutiara Bung Karno yang dikutip Sestama BIN RI ketika membeberkan trik memenangkan persaingan di era 4.0, Jumat (5/8/2022), dalam kuliah umum pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) jalus SBMPTN Unram, di Auditorium M. Yusuf Abubakar.

Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (Sestama BIN RI) Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo, dalam kesempatan itu mengangkat tema kuliah umum ”Akrobatik Kampus dan Civitas Akademika di Era Revolusi Industri 4.0 serta Pandemi Covid-19”.

BANK NTB Syariah

“Kampus dan civitas akademika tidak bisa hanya melakukan hal-hal yang normal atau biasa-biasa saja, melainkan harus melakukan akrobat (lompatan, red) yang ‘luar biasa’ bersama dunia industri,” ungkapnya.

Kepada mahasiswa baru Universitas Mataram (Unram) peserta PKKMB, Sestama BIN RI menyampaikan kunci dalam menggapai dunia kerja.

“Bahwa kreatifitas, inovasi, kritis, semangat militan dan relasi global, merupakan kunci untuk memberikan pertunjukan akademik yang hebat dan mengagumkan masyarakat akademik global, sehingga lulusannya ‘laku’ di dunia kerja,” jelas Komjen Bambang.

Selanjutnya, Jenderal Polisi Bintang Tiga itu juga menjelaskan tujuh kemampuan sebagai modal akrobatik, agar dapat memenangkan persaingan di era Industri Revolusi 4.0 dan era Society 5.0.

“Modalnya adalah adaptif dan responsif, perencanaan dan aksi, berpikir kritis dan solutif, kolaboratif dan komunikatif, kreatif dan inovatif, bekerja individu maupun teamwork dan keseimbangan IQ, EQ serta SQ,” sebutnya.

Sebelumnya, Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr. S.T., Ph.D. dalam sambutannya mengungkapkan, kedatangan Sestama BIN RI untuk memberikan kuliah umum merupakan suatu kehormatan bagi Unram.

“Kehadiran beliau merupakan suatu kehormatan yang harus kita apresiasi bersama, kalian sebagai mahasiswa baru patut berbangga bahwa di awal perkuliahan, kalian sudah mendapat pembekalan dari seorang Jenderal Bintang Tiga,” kata Prof. Bambang.

READ  Dislutkan NTB Terus Berupaya Kembangkan dan Menata Kawasan Budidaya Lobster

Dalam kesempatan itu Prof. Bambang juga menyampaikan, kendati Unram merupakan universitas terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB). Unram terus berupaya untuk meningkatkan peringkat di tingkat nasional dan internasional.

“Anak-anak muda di hadapan kita adalah anak muda terbaik, yang hadir hampir dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka lulus melalui jalur seleksi nasional yakni jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN, red), dengan jumlah penerimaan sebanyak 2.974 orang,” tuturnya.

Tampak hadir dalam kuliah umum oleh Sestama BIN RI, jajaran Rektorat Unram, dekanat, seluruh jurusan dan pimpinan lembaga serta Dirut Rumah Sakit Unram. (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification