Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
IKLAN PANJANG

PPG Daljab Unram Dituntut Profesional

PPG Daljab Unram Dituntut Profesional
Orientasi Maba PPG Daljab Kategori 1 FKIP Unram
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Mahasiswa baru (Maba) Program Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab), dituntut menjadi guru yang profesional. Demikian disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unram Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A., Senin (18/7/2022), saat mewakili Rektor Unram membuka secara resmi Orientasi Maba PPG Daljab Kategori 1 Unram Tahun 2022, di Astin Inn Mataram Hotel, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Rektor I Agusdin berharap, peserta dalam kegiatan orientasi dapat mempersiapkan diri sesuai perkembangan akademika.

BANK NTB Syariah

“Agar dapat memberikan ilmu dengan baik kepada peserta didik, tentu ada tuntutan untuk menjadi guru yang profesional. Guru yang profesional adalah guru yang berkompeten. Indikator kompeten adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalaman,” jelas Agusdin.

Sementara Koordinator PPG Daljab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D. dalam laporannya menyampaikan, Unram merupakan salah satu dari 78 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menyelenggarakan PPG Daljab.

“Kita mendapatkan mahasiswa 931 yang terbagi dalam enam kelas. Dimana yang terbanyak adalah Prodi (Program Studi, red) PGSD yang berjumlah 20 kelas, kemudian diikuti oleh Prodi PPKN dan Paud masing-masing dua kelas, Prodi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika yang masing-masing jumlahnya satu kelas. Ini tersebar dalam 27 kelas yang didampingi oleh admin sejumlah 27 orang,” ungkapnya.

“PPG Daljab satu ini akan berlangsung selama tiga bulan, dimulai dari tanggal 19 Juli sampai 29 September 2022 dan di bulan terakhir, proses PPG Daljab satu akan dilanjutkan Daljab dua,” lanjut Zulkifli.

Dekan FKIP Unram Prof. Dr. A. Wahab Jufri, M.Sc. dalam sambutannya mengatakan, mulai tahun 2022 FKIP Unram mendapatkan penugasan untuk melaksanakan PPG Pra Jabatan.

READ  Mahasiswa Raih Mendali Emas di Pon XX Papua, Rektor Unram Beri Apresiasi

“Pesertanya adalah para sarjana yang berminat untuk menjadi guru dan proses seleksinya sudah dimulai,” katanya.

Guna menunjang kesiapan FKIP Unram dalam melaksanakan PPG Pra Jabatan, pihaknya telah ikut berkompetisi untuk mendapatkan Hibah Konsorsium Revitalisasi LPTK. Dimana KIP Unram berhasil menjadi bagian dari 16 Konsorsium Revitalisasi LPTK.

“Untuk mempersiapkan diri dalam rangka melaksanakan PPG Pra Jabatan mulai tahun ini, kegiatan yang akan kita laksanakan dalam rangka hibah konsorsium revitalisasi itu, adalah penambahan Program Studi PPG,” tandas Prof. Wahab.

Disebutkan, FKIP Unram hingga saat ini terdapat sembilan prodi yang mendapatkan izin melaksanakan PPG. Sementara melalui hibah konsorsium LPTK, FKIP Unram akan menambah satu prodi yakni Prodi Pendidikan Sosiologi, yang belum mendapat izin pelaksanaan PPG.

“Selain itu kita juga akan mengusulkan bidang studi baru, yang akan diberikan amanat untuk melaksanakan PPG pra jabatan. Kita mengusulkan untuk bidang Pendidikan IPS dan bidang Pendidikan Vokasi. Vokasi itu ada dua kategori yaitu Teknik Mesin dan Teknik Elektro,” ujarnya.

Untuk diketahui, Orientasi Maba PPG Daljab Kategori 1 merupakah salah satu kegiatan awal, sebelum mahasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang akan berinteraksi dengan dosen dan guru pamong.

Tampak hadir dalam Orientasi Maba PPG Daljab Kategori 1 FKIP Unram itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Kurniawan, S.H., M.Hum., jajaran dekanat FKIP Unram, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Admin Program Studi. (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification