Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
IKLAN PANJANG

Politik Lokal dan Persepsi Masyarakat Desa

Politik Lokal dan Persepsi Masyarakat Desa
Sabolah

Opini – Politik merupakan salah satu bentuk sistem yang terdapat dalam dunia pemerintahan umumnya digunakan dalam mengatur tatanan kehidupan bersosial dan bernegara. masyarakat adalah pilar kedua dalam sistem bernegara untuk membangun sebuah negara setelah presiden yang terpilih menjadi seorang pemimpin untuk suatu negara.

Mengatur tatanan kehidupan bersosial dan bernegara terutama dalam kawasan pedesaan sama hal nya dengan bagaimana nantinya roda perpolitikan antara memimpin dan terpimpin adalah hal yang memang terjadi hingga dapat mengatur sebuah kehidupan sosial dalam masyarakat.

BANK NTB Syariah

Menjalankan politik dalam masyarakat adalah tentang bagaimana nantinya bentuk kebijakan dan lainnya seorang pemimpin di dalam pedesaan hingga masyarakat merasakan bagaimana dampak dari politik yang terjadi terutama yang dilakukan oleh elemen penting lainnya.

Dalam Bagi sebagian masyarakat kawasan pedesaan umumnya akan merasakan sistem politik yang mereka terima sangat baik dalam penerapan nya terhadap masyarakat hingga tak bisa kita pandang mereka begitu mengagumkan apa yang terjadi dalam masyarakat tersebut. begitu juga sebaliknya bagi sebagian masyarakat yang begitu merasakan adanya kejanggalan terhadap politik yang dijalankan di desa maka pandangan buruk tentang politik cepat saja terjadi.

Baik buruknya pandangan masyarakat terhadap politik yang terjadi terutama di desa adalah tergantung kepada pemimpin atau elemen penting yang menjalankan nya terhadap masyarakat hingga masyarakat merasakan bagaimana dampak dari pada peran seorang elemen penting terhadap dirinya. Banyak elemen penting yang memerankan tugas mereka namun terdapat maksud tertentu di dalamnya, terkadang banyak juga elemen penting dalam menjalankan tugas mereka bersikap nepotisme atau mementingkan orang yang ia kenal dan dekat terhadap dirinya lebih mereka utamakan.

Ketika semua ini terjadi bagaimana masyarakat dapat merasakan keadilan, kenyamanan, keamanan yang abadi jika seorang pemimpin atau elemen penting dalam masyarakatnya melakukan tindakan yang begitu apatis. Tidak bisa manusia baca terkadang jabatan yang diberikan mampu disalahgunakan dalam memerankan tugasnya terhadap masyarakat dapat melenceng dilakukan.

READ  ICST Ke-7 LPPM Unram Kaji Solusi dan Inovasi Cerdas

Korupsi terjadi dimana mana, tindakan apatis dan lain sebagainya adalah umum nya terjadi saat ini. Inilah hal yang perlu di baca lebih dalam oleh seorang pemimpin agar bagaimana nantinya masyarakat dapat merasakan keberadaan nya sebagai seorang pemimpin di desa tersebut begitu penting hingga tidak memberikan pengaruh buruk terhadap masyarakat lainnya dan menjadikan serta membangun kawasan pedesaan yang aman dan damai kedepannya.

Masyarakat di kawasan pedesaan umumnya masih banyak berpandangan bahwa politik itu buruk atau bohohong.
Anggapan inilah membuat masyrakat desa sangat apatis, benci dan ragu terhadap segala sesuatu dalam dunia politik yang ada di desa. Hal ini terjadi karena melihat para elemen penting yang ada di dalam masyarakat bersikap nepotisme terhadap masyarakat dalam kawasan.

Salah satu contoh pandangan masyarakat melihat politik dalam desa kurang baik adalah ketika masyarakat membutuhkan bantuan sosial yang merujuk syarat dari desa seperti desa memintakan focopy kk,ktp lalu hilang cerita tanpa ada kabar terkait bantuan hal tersebut. praktik inilah menjadi pandangan masyarakat tentang politik tidak baik , orang yang bersangkutan dalam intasi pemerintahan desa terkadang berubah orientasi politiknya ketika masuk dalam perintahan desa menjadi politik imperialis , berkhianat serta kejagalan ketika jabatan yang diinginkan dapat di capai.
Politik di kawasan pedesaan umumnya masih terpengaruh oleh sistem politik machiavelli yakni seorang pemimpin pemimpin dalam peran menjalankan tugas mereka melakuk berbagi macam cara dalam mengalahkan politik agar membuat masyarakat semakin benci dan memandang politik itu sangat buruk.

Pertanyaan yang sering muncul dalam diri sendiri apakah politik itu selalu buruk ? di sinilah kita harus pahami mengenai politik karna politik tidak selamanya mencakup tentang hal yang buruk karna persepsi yang salah terhadap politik maka akan mengakibatkan sikap dalam menyikapi politik juga akan salah padahal politik merupakan salah satu bidang yang penting dalam kehidupan negara maupun desa .

READ  Lembaga Lingkungan dan Siaga Bencana PPP NTB Resmi Dikukuhkan

Adapun perspektif Islam dalam politik di sebut Islam dalam istilah Siyasah. Jika yang dimaksud politik adalah siyasah mengatur segenap urusan umat, maka Islam sangat menekankan pentingnya siyasah dalam mengatur kehidupan kita bermasyarakat baik di negra,prov, kabupaten,kota,sampe desa . sangat bermanfaat ia mampu mengakomodir kepentingan orang banyak yang bertujuan sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Kehidupan masyarakat tidak bisa terlepas dalam dunia politik karena politik dengan kehidupan hal yang berkesinambungan sejak kita lahir sudah masuk dalam dunia politik yakni negara Indonesia . maka politik merupakan fitrah dalam kehidupan manusia yang tidak bisa di lepas ataupun di pisahakan .

Penulis : Febrian hadi, Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama UIN Mataram.

Facebook

Sabolah
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification