Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600

Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa

Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa
Sabolah

Penulis : Ramdani, Nurul aulya adiatma, dan Yunda sri rahayu Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Mataram.

Opini – Pendidikan adalah sebuah proses usaha untuk membentuk, melatih, mengembangkan manusia menjadi lebh baik pada tingkatan yang lebih baik. Pengertian pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

BANK NTB Syariah

Pentingnya pendidikan terlihat dalam setiap aspek kehidupan, dan sangat penting bagi pertumbuhan suatu bangsa. Dengan Edukasi , orang dapat menjadi warga negara yang lebih baik, mengetahui yang benar dan yang salah, memungkinkan masyarakat yang lebih baik di mana hukum dipatuhi.

Bangsa yang berpendidikan tahu tentang pentingnya memilih, melakukannya dengan pengetahuan tidak secara membabi buta, tetapi juga memiliki pemahaman tentang apa yang sebenarnya diperjuangkan partai mereka. Pendidikan juga dapat membantu orang mendapatkan pekerjaan, yang merupakan tempat berkembangnya suatu bangsa.

Dari semua penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa suatu pendidikan sangatlah penting dalam meciptakan manusia yang baik bagi agama,bangsa, Negara serta kehidupan manusia itu sendiri. Pentingnya suatu pendidikan membuat seluruh manusia menginginkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Mengapa pendidikan ini sangat penting? Karena dengan pendidikanlah akan terciptanya manusia yang baik dengan moral yang baik. Namun beberapa orang tidak mendapatkan kesempatan dalam pendidikan dikarena berbagai factor. Yang paling utama yang sering kita jumpai pada masyarakat Indonesia adalah karena factor perekonomian.

Rendahnya tingkat ekonomi membuat beberapa anak yang ada di Indonesia terpaksa untuk tidak menempuh pendidikan karena kurang biaya. Dilain sisi pendidikan mampu membentuk penerus bangsa yang berkualitas.

Lalu bagaimana solusinya? Solusi pertama yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah membangun sekolah-sekolah gratis untuk warga negaranya yang kurang mampu. Kemudian dalam mengembangkan hal tersebut dibutuhkan pula kemauan atau kesadaran diri dari masyrakat agar memiliki rasa semangat untuk menempuh pendidikan yang lebih baik guna menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan dating.

READ  Persaingan Antara Pasar Tradisional dengan E-commerce Dimasa Pandemi

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam menempuh pekerjaan pada masa sekarang ini di perlukan beberapa persyarakan di antaranya adalah ijazah atau kemaksimalan lulusan SMA dan lain sebagainya. Dengan beberapa jaminan tersebut akan sangat dipastikan seseorang akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di bandingkan dengan yang tidak menempuh pendidikan atau yang hanya sekedar lulusan Sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Semakin rendah pendidikan maka akan semakin kecil pula kemungkinan mendapatkan pekerjaan yang baik. Begitupun sebaliknya semakin tinggi pendidikan semkin terjaminnya suatu pekerjaan yang baik. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa sekarang kesuksesan tidak lagi didasari oleh pendidikan. Akan tetapi jika kita dapat berfikir bahwa pendidikan ini adalah sesuatu yang sangat sangat penting karena proses tingkatannya akan terus menerus meningkat hal tersebutlah yang akan membentuk dan mengembangkan kemampuan kita kearah yang lebih baik dan berkuaitas.

Pendidikan itu adalah hak setiap orang. Maksudnya disisni adalah semua orang berhak mendapatan pendidikan. Bukan sekedar dijadikan suatu kewajiban yang hanya sekedar dijalankan. Akan tetapi berupa hak yang dimana setiap orang berhak medapatkan pendidikan dari berbagai ilmu pengetahuan.

Dimanapun ada pendidikan disitu ada ilmu pengetahuan maka dimanapun letak ilmu pengetahuan disitulah hak manusia untuk mendapatkannya. Mengapa menjadi hak? Karena setia orang berhak untuk belajar dan mengetahui berbagai ilmu pengetahuan sebagai pegangan untuk menjadi manusia yang baik dimasa depan.

Tidak ada satupun manusia dimuka bumi ini tidak memiliki pengetahuan. Maka dari itulah mengapa pendidikan itu ada karena ilmu pengetahua itu ada. Tanpa disadari bahwa pendidikan itu memang adalah hal bukan kewajiban seperti yang banyk orang katakana. Kewajiban kata- kata yang seakan akan mengatakan bahwa pendidikan itu harus dijalankan tidak harus dimiliki.

READ  Gus Muwafiq Datang Ke Lombok, Ini yang Disampaikan.

Pada dasarnya jika kita berfikir bahwasanya pendidikan itu adalah hak karena hak adalah mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Karena pada dasarnya mansia adalah makhluk yang berakal dan semua mansuai pasti memiliki suatu pengetahuan dan diaman ada pengetahuan disitulah ada pendidikan.

Setiap ilmu pengetahuan yang dimiliki dan didapatkan oleh manusia pasti akan terus berkembang dan tersebar maka dari itu pendidikan dan ilmu pengetahuan tidak dapat di jauhkan. Yang memberi ilmu adalah dia yang memiliki pengetahuan sedangkan yang mendapatlkan ilmu adalah dia yang melakukan pendidikan. Dana kan terus berputar dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu serta sering berkembangnya zaman. Jadilah perhiasan bagi negaramu jangan menjadi sampah untuk negaramu.

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification