Verification: 27a3a887773ff714

NTB Gelar Apel Tanggap Bencana

  • Bagikan
NTB Gelar Apel Tanggap Bencana
Danrem 162/WB saat memimpin Apel Tanggap Bencana (Foto: Dok. Penrem 162/WB)
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Jajaran TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (25/12/2021), mengelar Apel Kesiapan Tanggap Bencana yang dipimpin Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, M.Han., Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., di lapangan Sangkareang jalan Pejanggik kota Mataram guna mengantisipasi terjadinya bencana, karena datangnya musim penghujan.

Komandan Korem 162/WB dalam arahannya mengatakan, datangnya musim hujan dan cuaca ekstrim belakangan ini berdampak terhadap terjadinya bencana alam, di beberapa wilayah di Provinsi NTB seperti banjir dan tanah  longsor.

BANK NTB Syariah

“Karenanya, melalui apel gelar ini dilakukan pengecekan kesiapan baik personil maupun materiil, sehingga apabila terjadi bencana alam, pola penanggulangannya telah disiapkan untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana secara cepat dan tepat,” ungkap Rizal Ramdhani.

“Perlu diketahui bahwa tugas pokok TNI, di samping perang juga membantu masyarakat dalam rangka tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi pasca terjadinya bencana alam,” tandasnya.

Pihaknya mengimbau seluruh masyarakat, agar dalam situasi cuaca yang cukup ekstrim dan hujan, lebih berhati-hati saat keluar rumah serta mengantisipasi terjadinya angin kencang dan pohon tumbang, guna mencegah risiko terjadinya korban.

Selain itu, alumni Akademi Militer (Akmil) 1993 itu juga mengingatkan kepada seluruh pihak, agar senantiasa selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan tugas maupun kegiatan sehari-hari.

“Saya berharap kepada seluruh prajurit yang bertugas, agar melakukan kegiatan ini dengan penuh keikhlasan dan Insya Allah, tugas ini adalah bagian dari ibadah kita,” tuturnya.

Selanjutnya, Danrem 162/WB bersama Wakapolda NTB, Sekda Provinsi NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Walikota Mataram, Dandim 1606/Mataram, Kapolresta Mataram, Kadikes, Kadisos, dan Kalak BPBD melakukan pengecekan kesiapan personil,  kendaraan, dan perlengkapan lain yang akan digunakan selama proses penanganan bencana.

READ  PKL dan Pedagang Warung Dapat Uang 1,2 Juta dari Menko Perekonomian

Alhamdulillah, kami sudah melakukan pengecekan personil dan materiil. Insya Allah, telah siap. Upacara seperti ini juga akan kami teruskan hingga ke kabupaten/kota se-NTB,” pungkas Rizal Ramdhani.

Untuk diketahui, apel tersebut melibatkan unsur personel TNI-Polri, Tagana, Basarnas, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, anggota Pramuka, dan relawan Unit Reaksi Cepat (URC). (red)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral