Verification: 27a3a887773ff714

Lombok Utara Tunggu Respon Pusat Terkait Blokir Dana RTF

  • Bagikan
Lombok Utara Tunggu Respon Pusat Terkait Blokir Dana RTF
Salah satu RTG yang dibangun di Lombok Utara
Sabolah

Lombok Fokus | Lombok Utara – Meski seluruh persyaratan yang diajukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemblokiran rekening dana Rumah Tahan Gempa atau RTG di Kabupaten Lombok Utara belum dibuka. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara Zaldy Rahardian, Rabu (17/11/2021), mengungkapkan pihaknya masih menunggu respon Pusat.

Menurut Zaldy, pihaknya di daerah tinggal menunggu finalisasi dari BNPB. Bahkan ada wacana pembentukan tim gabungan, untuk mereview dokumen yang telah dilampirkan oleh daerah.

BANK NTB Syariah

“Kita sangat memaklumi kondisi saat ini, karena memang waktu juga tetap berjalan dengan masa perpanjangan waktu sampai 31 Desember. Nanti kita tunggu dalam minggu ini seperti apa finalisasi yang akan dilakukan oleh BNPB,” ungkapnya.

Dijelaskan, syarat yang dilampirkan termasuk tambahan data telah diperiksa oleh Inspektorat, berikut data pendukung dan pola yang akan daerah lakukan.

“Data yang kita masukan yang masih belum terealisisi itu sekitar 18 ribu, melihat hitungan jumlah dana yang terblokir maupun dana sisi tercover itu sekitar 13 ribu rumah. Tetapi kita tidak mau berandai-andai seperti apa pasti BNPB juga punya perhitungan,” jelasnya.

Mengingat masa waktu hingga 31 Desember harus terselesaikan, pihaknya menilai ke depan dimungkinkan akan ada perpanjangan ataupun ada konsep dan metode lain yang akan dilakukan BNPB. Pasalnya, BNPB disebut juga punya hitungan sendiri dan tidak mungkin memaksakan harus selesai sampai akhir Desember.

“Masyarakat juga jangan terlalu banyak berasumsi yang aneh-aneh kita tunggu saja karena proses sedang berjalan, saya yakin dengan proses yang kita lakukan semua akan selesai. Kemarin Ombudsman juga akan turun melakukan monitoring. Pada intinya kami mohon masyarakat bersabar, pemda punya komitmen yang jelas untuk menyelesaikan persoalan RTG ini,” tegasnya.

READ  Tim Puma Polres Lotara Ringkus Satu Orang Terduga Pelaku Pencurian di Gili Air

Ia menuturkan, pihaknya juga mendapat surat dari Kantor Staf Presiden (KSP) yang akan berkunjung, yang secara khusus untuk melihat penanganan pasca bencana gempabumi termasuk perihal pembangunan RTG dan Hunian Tetap (Huntap).

“Kamarin kami juga sudah menerima suarat dari KSP suratnya tertanggal 19 besok itu akan berkunjung ke Lombok Utara, itu nanti kita tunggu apa yang dilakukan. Via telepon memang kemarin akan melakukan diskusi meminta informasi terkait proses yang selama ini,” pungkasnya. (ric)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral