Verification: 27a3a887773ff714

LAKPESDAM LOTIM Bersama SLB 1 Selong Sukseskan Program Gerkatin

  • Bagikan
Sabolah
LAKPESDAM LOTIM Bersama SLB 1 Selong Sukseskan Program Gerkatin

LOMBOK TIMUR | Mengingat pentingnya Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi seluruh warga negara. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Timur bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten lombok Timur dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Lotim, mengadakan fasilitasi Akses identitas Legal seperti KIA, KTP dan Akta Kelahiran bagi penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Selong (SLB).

Untuk memenuhi hak-hak dan kebutuhan akses lainya memang sangat diperlukan adanya Identitas legal. Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri I Selong Ibu Sudarti mengatakan, “saya mewakili pihak sekolah sangat berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan fasilitasi akses identitas legal kepada anak-anak kami di SLB yang sampai saat ini banyak yang menganggap bahwa SLB itu apa, bahkan seringkali dikesampingkan”. Pungkasnya. (06/3/20).

BANK NTB Syariah

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan memenuhi identitas legal anak disabilitas ini dapat mengubah pola pikir bagi anak-anak kami. “owh bahwa saya juga punya kartu identitas sama seperti anak-anak yang lain”. Tidak hanya itu, dengan identitas legal yang dipunya mereka bisa mendapatkan akses lebih luas, hak-hak dan kebutuhanya yang lain. Terangnya.

Selanjutnya Ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Lotim, Imam Darmawan mengatakan,  Dia ingin khusunya tuna rungu mendapatkan kesempatan yang sama, dengan adanya kartu identitas ia ingin kesempatan yang sama terhadap yang lain, baik dalam pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya.

“Kita ingin tidak dibedakan antara dengan yang lainnya, terutama dalam hal identitas kependudukan,” terangnya.

Senada Ketua Lakpesdam NU Lotim, Suriadi mengatakan, negara sudah menjamin kesamaan hak untuk mendapatkan fasilitas kependudukan.

“Jadi jangan sampai ada perbedaan, kita semua punya hak,” jelasnya.

READ  Janda Penerima PKH, Dari PKH Bisa Berusaha.

Senada dengan yang disampaikan Ketua Lakpesdam NU Lotim, Suriadi mengatakan, negara sudah menjamin kesamaan hak untuk mendapatkan fasilitas kependudukan.

“Jadi jangan sampai ada perbedaan, kita semua punya hak,” jelasnya.

Dalam agenda tersebut hadir juga Kasi Pendataan Penduduk Dukcapil Lotim, Mangsup mengatakan, kami dari Dinas Dukcapil memang ada program khusus untuk melayani difabel, jompo, dan sakit yang tak bisa lansung datang melakukan perekeman.

Prorgam yang yang dimaksud kami istilahkan “Tuak Manis”, Tuntas Adminduk bagi Disabilitas dan Masyarakat Berkebutuhan Khusus. Ia mengatakan, bagi yang berkelompok kami akan datangi.
“perekaman tahun 2019 yang lalu khusus difabel mencapai 50 orang. Dan kami komitmen untuk melayani masyarakat,” tandasnya.
(QJ)

www.lombokfokus.com

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral