Verification: 27a3a887773ff714

Arti Gencatan Senjata Israel-Hamas dan Kondisi Terkini Gaza Palestina

  • Bagikan
Arti Gencatan Senjata Israel-Hamas dan Kondisi Terkini Gaza Palestina
Seorang pria mengibarkan bendera Palestina ketika yang lain mengibarkan tanda V untuk kemenangan saat mereka merayakan gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir antara Israel dan dua kelompok bersenjata utama Palestina di Gaza pada 20 Mei 2021.
Sabolah

Israel dan Hamas menyepakati keputusan gencatan senjata. Dikutip dari AP News, Jumat (21/5/2021) gencatan senjata disepakati kedua belah pihak pada Kamis (20/5/2021). Kesepakatan ini setidaknya menjadi kabar baik bagi masyarakat sipil kedua negara setelah 11 hari aksi saling serang berlangsung dan korban jiwa berjatuhan di kedua pihak.

Namun, apa sesungguhnya arti gencatan senjata ini?

BANK NTB Syariah

Arti gencatan senjata

Dalam bahasa Inggris, gencatan senjata adalah ceasefire. Dikutip dari CNN (25/6/2010), ceasefire berasal dari 2 kata yakni “cease” dan “fire”. Secata harfiah, “cease” berarti berhenti dan “fire” berarti api.

Dalam konteks gencatan senjata, kata “fire” dimaknai sebagai penembakan senjata api.

Jadi, ceasefire atau gencatan senjata adalah kebijakan di mana pihak yang berkonflik sepakat berhenti menembakkan atau meluncurkan senjata-senjata api.

Ketika kesepakatan ini diambil, itu berarti pihak-pihak yang berkonflik tidak dibenarkan meluncurkan serangan alias menghentikan pertempuran yang sebelumnya terjadi.

Namun, terkadang kesepakatan untuk gencatan senjata hanya berlaku untuk sementara waktu maupun permanen.

Jika sementara waktu, kemungkinan konflik masih akan kembali terjadi di waktu yang akan datang. Meski menghentikan pertempuran, kebijakan ini belum tentu berarti perdamaian atau berakhirnya peperangan.

Gencatan senjata bisa jadi diambil dengan alasan kedua belah pihak ingin bernegosiasi kesepakatan apa yang ingin mereka capai.

Bisa juga keduanya melibatkan pihak ketiga yang bersifat netral dalam negosiasi tersebut. Selain itu, gencatan senjata juga bisa jadi menjadi taktik atau tipu muslihat satu pihak untuk melakukan tindakan yang lebih masif di waktu selanjutnya.

Facebook

READ  Mi6 : Manfaatkan Asset Menganggur untuk Berdayakan Penyintas Covid 19
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral