Berita  

5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia dari 2010 sampai Sekarang

5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia dari 2010 sampai Sekarang

Lombok Fokus – Korupsi menjadi salah satu masalah terbesar yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jumlah kasus korupsi yang ditangani KPK dari tahun 2010 sampai sekarang mencapai 1.291 kasus. Dari jumlah tersebut, terdapat 5 kasus korupsi yang menjadi yang terbesar dengan kerugian negara mencapai triliunan rupiah.

Berikut adalah 5 kasus korupsi terbesar di Indonesia dari tahun 2010 sampai sekarang:

1. Kasus Asabri

Kasus Asabri merupakan kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar di Indonesia, yaitu mencapai Rp 22,8 triliun. Kasus ini melibatkan sejumlah pejabat dan pengusaha, termasuk mantan Direktur Utama Asabri, Adam Rachmat Damiri, Sonny Widjaja, dan Bachtiar Effendi.

2. Kasus Jiwasraya

Kasus Jiwasraya merupakan kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar kedua di Indonesia, yaitu mencapai Rp 16,8 triliun. Kasus ini melibatkan sejumlah pejabat dan pengusaha, termasuk mantan Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim, Benny Tjokrosapoetro, dan Heru Hidayat.

3. Kasus BLBI

Kasus BLBI merupakan kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar ketiga di Indonesia, yaitu mencapai Rp 13,7 triliun. Kasus ini melibatkan sejumlah pengusaha, termasuk Surya Darmadi, Mochtar Riady, dan Sjamsul Nursalim.

4. Kasus E-KTP

Kasus E-KTP merupakan kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar keempat di Indonesia, yaitu mencapai Rp 2,3 triliun. Kasus ini melibatkan sejumlah pejabat, termasuk mantan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

5. Kasus Bank Century

Kasus Bank Century merupakan kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar kelima di Indonesia, yaitu mencapai Rp 6,7 triliun. Kasus ini melibatkan sejumlah pejabat, termasuk mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono.

Kasus-kasus korupsi tersebut telah menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi negara. Kerugian tersebut dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang serius untuk memberantas korupsi di Indonesia.

Facebook

Bank NTB Syariah
READ  Ssttt !!! Ada Dugaan Mengarah Ada Upaya Monopoli BPNT Dilakukan Dinsos Lotim dan Bulog Secara Sistematis
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe for notification