Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600

Profesor dan Mahasiswa University of Agder Norwegia Belajar Keberagaman dan Toleransi ke Unram

Profesor dan Mahasiswa University of Agder Norwegia Belajar Keberagaman dan Toleransi ke Unram
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Sebagai salah satu universitas berdaya saing internasional, Universitas Mataram tak lepas dari sorotan dunia luar yang memandangnya sebagai perguruan tinggi yang toleran. Buktinya, University of Agder, Norway yang sebelumnya dikenal dengan nama Agder College dan Agder University College, sengaja melakukan kunjungan studi banding ke Unram untuk belajar keberagamaan dan toleransi.

Prof. Levi Geir Eidhamar yang datang bersama beberapa mahasiswa University of Agder dalam Studies of Comparative Religion in Asia bertajuk “Halal Tourism and Sharia Banking”, Senin (18/4/2022), di Ruang Teater Lt. 3 Fakulas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram menyampaikan kekaguman akan keberagaman Indonesia.

BANK NTB Syariah

“Kedatangan kami ke Indonesia untuk belajar mengenai keberagaman agama dan toleransi, yang bisa dipertahankan di tengah-tengah perbedaan,” ungkap Prof. Levi.

Guru besar University of Agder yang sebelumnya juga dikenal dengan nama Agder University College itu menyebutkan, ada enam negara yang dikunjungi untuk mempelajari keberagaman agama dan toleransi yakni Malaysia, Srilanka, Vietnam, Kamboja, Indonesia dan Thailand. Karena menurutnya, belajar agama tidak cukup dari membaca tetapi juga melalui praktik.

“Di Indonesia, kami sengaja ke sini. Kita tidak bisa mempelajari suatu agama hanya dari membaca buku di perpustakaan. Teori-teori dari buku saja tidak akan cukup untuk kita memahami agama,” katanya.

“Kita harus hidup dan berinteraksi dengan orang-orang yang menganut agama dan melihat bagaimana mereka menjalankan ajaran agama mereka,” ucapnya.

Sementara Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. didampingi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D., saat menyambut hangat kedatangan rombongan Prof. Levi.

“Kami sangat senang menerima kunjungan Profesor Levi beserta mahasiswa University of Agder, semoga ini menjadi kali pertama dan bukan yang terakhir kalinya Anda datang ke Universitas Mataram,” ungkap Prof. Bambang.

READ  Unram Berhalal Bihalal dan Lepas Jamaah Calon Haji

Dalam sambutannya Prof. Bambang menjelaskan terkait keberagaman budaya dan keberagamaan yang ada di Indonesia, termasuk keindahan destinasi pariwisata khususnya di Pulau Lombok Nusa Tenggaa Barat (NTB).

“Saya harap kedepannya akan ada banyak mahasiswa University of Agder yang datang ke Unram, karena ini akan menguntungkan bagi institusi kita masing-masing dan tentunya ini bisa memberikan keuntungan juga bagi ekonomi kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kuliah umum tersebut hadir dua narasumber dari Unram yakni Akhmad Saufi, M.Buss., Ph.D. memaparkan materi Halal Tourism Perspective on Lombok Indonesia dan Dr. Busaini, M.Si. yang memaparkan terkait Principle, Product Service and Sharia Banking Mechanism. (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification