Verification: 27a3a887773ff714

Prakerja Gelombang 22 Sudah Dibuka, Buruan Daftar

  • Bagikan
Prakerja Gelombang 22 Sudah Dibuka, Buruan Daftar
Sabolah

Pendaftaran Program Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id kembali dibuka. Terbaru, situs www.prakerja.go.id membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 mulai Senin, 25 Oktober 2021.

Cara daftar Prakerja gelombang 22 mudah dilakukan. Jika lolos seleksi pendaftaran Prakerja gelombang 22, Anda bisa mendapatkan dana pelatihan dan insentif tunai Rp 2,4 juta.

BANK NTB Syariah

Cara daftar Prakerja gelombang 22 bisa menggunakan handphone (hp). Kamu cukup akses link www.prakerja.go.id dari hp yang terkoneksi internet untuk daftar Prakerja gelombang 22.

Merujuk situs www.prakerja.go.id, program Kartu Prakerja gelombang 22 mulai menerima pendaftaran untuk seluruh masyarakat Indonesia pada Senin (25/10) pukul 12.00 WIB. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 di www.prakerja.go.id akan berlangsung beberapa hari.

Belum diketahui kapan batas terakhir atau penutupan pendaftaran Prakerja gelombang 22 di www.prakerja.go.id. Yang jelas, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 ini akan menerima jumlah pendaftar yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Pada Kartu Prakerja gelombang sebelumnya, jumlah pendaftar yang lolos seleksi sebanyak 800.000. Untuk Kartu Prakerja gelombang 22, hanya menyediakan kuota yang selama ini batal dari pelaksanaan gelombang sebelumnya.

Seperti sebelumnya, daftar Kartu Prakerja gelombang 22 hanya melalui link www.prakerja.go.id. Jika ada situs lain untuk pendaftaran Prakerja, dipastikan hal tersebut adalah hoaks.

Belakangan ini memang beredar sejumlah info link pendaftaran Kartu Prakerja. Namun, pendaftaran Kartu Prakerja tersebut bukan melalui link www.prakerja.go.id.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para pekerja, terutama lulusan baru atau yang terkena PHK. Kali ini, program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 22.

Cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 22 mudah dilakukan dengan menggunakan handphone (Hp). Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 22 melalui link www.prakerja.go.id.

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 22 di www.prakerja.go.id

Sebelum daftar program Kartu Prakerja gelombang 22, pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut cara membuat akun Prakerja:

  • Jika belum memiliki akun Kartu Prakerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Prakerja di laman www.prakerja.go.id.
  • Pendaftar akan diminta untuk mengisikan alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password).
  • Kemudian centang pernyataan di bawahnya, lalu klik “Buat Akun”.
  • Nantinya, pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.
  • Buka email tersebut dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via email. Akun Kartu Prakerja pun telah aktif.
READ  Dukung Zona Integritas WBK menuju WBBM, Kemenkumham NTB dan FORTA NTB Teken MoU

 

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 22 jika sudah punya akun Prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, untuk daftar Prakerja gelombang 22 hanya perlu login di laman www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan password.

  • Selanjutnya, klik “Gabung” untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.
  • Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik “Berikutnya”.
  • Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  • Lalu lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.
  • Setelah terisi, unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya”. Lalu klik “Lanjutkan”.
  • Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang terdaftar.
  • Usai mengisi kode OTP, klik “Kirim”. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar: “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”.

 

Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran di Kartu Prakerja. Tujuannya adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika sudah 5 menit tapi belum ada perubahan, klik tombol “Refresh”.

READ  Profil Lengap Indra Kesuma/Indra Kenz Sultan Muda

Itulah cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 22 di link www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Bila dirinci, dana pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 11 tahun 2020, dijelaskan bila penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pemilihan Pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka penerima Kartu Prakerja dicabut kepesertaannya.

Demikian cara daftar Kartu Prakerja gelombang 22 di www.prakerja.go.id. Semoga Anda lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 22 dan mendapatkan pelatihan untuk menambah ketrampilan di dunia kerja/usaha.

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral