Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
IKLAN PANJANG

Peserta UTBK Mandiri Apresiasi Kuliah Gratis Keluarga Miskin Unram

Peserta UTBK Mandiri Apresiasi Kuliah Gratis Keluarga Miskin Unram
Salah seorang peserta UTBK jalur Mandiri yang mengapresiasi program kuliah gratis Unram
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Program kuliah gratis bagi keluarga miskin berprestasi yang digulirkan Universitas Mataram (Unram), diapresiasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Mandiri Unram.

Ditemui sesaat sebelum mengikuti ujian UTBK jalur Mandiri di Gedung Pustik Unram, Kamis (7/7/2022), salah seorang peserta atas nama Nur Emilia mengatakan, program kuliah gratis itu memberikan kesempatan bagi peserta dari keluarga miskin berprestasi, untuk dapat kuliah di Program Studi (Prodi) Kedokteran secara gratis.

BANK NTB Syariah

“Program ini sangat bagus sekali, karena dapat membantu teman-teman yang kurang mampu khususnya seperti saya sendiri. Orang tua saya sendiri juga terkendala masalah biaya,” ungkapnya.

Menurut Emilia, dirinya langsung tergerak untuk daftar UTBK jalur Mandiri setelah mengetahui informasi, bahwa Unram membuka program jalur mandiri berprestasi dari media pemberitaan online (daring).

“Saat saya dapat informasi kalau Unram membuka jalur pendaftaran mandiri melalui jalur prestasi, saya sangat tertarik buat mencoba jalur ini,” kata Emilia.

Peserta UTBK Mandiri asal Kabupaten Bima itu berharap, program kuliah gratis jalur mandiri dapat terus diprogramkan, sehingga calon mahasiswa baru yang ingin mencoba lewat jalur ini, mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak.

Sementara gadis asal Batu Anyar, Gerung Kabupaten Lombok Barat atas nama Rizkiani Febriana Putri, pun menyampaikan tanggapannya terkait program kuliah gratis di Unram.

Alhamdulillah, ada program kuliah gratis ini. Saya bersyukur dan semoga lulus saja sih.

Senada dengan Emilia, dirinya juga berharap program kuliah gratis jalur mandiri itu dipertahankan.

“Karena kalau mereka punya keinginan besar untuk berkuliah, apalagi mengambil pilihan di Fakultas Kedokteran tapi orang tuanya tidak mampu, kan ini bisa menjadi inspirasi atau alternatif,” ucap Rizkiani.

READ  Sekjen Wantannas Berikan Kuliah Umum, Rektor Unram: Mari Ikuti untuk Menambah Wawasan Ketahanan Nasional

Sebelumna, Wakil Rektor II Bidang Akademik Unram Agusdin S.E., M.B.A., dalam sosialisasi dan pengarahan kepada Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri tahun 2022, Rabu (6/7/2022), mengungkapkan bahwa pendaftar dengan kategori keluarga miskin beprestasi, diberikan kebijakan kuliah gratis.

“Kita Universitas Mataram memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru, yang berasal dari kelurga miskin berprestasi. Ini tentu mereka sudah membuktikan dengan meng-upload tiga macam kartu, kartu PKH, KKS dan KIP,” kata Agusdin.

Dijelaskan, peserta kategori keluarga miskin berprestasi yang dinyatakan lulus seleksi, akan mendapat pengembalian uang pendaftaran, memperoleh pembebasan uang Iuran Pembangunan Institusi IPI) dan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT). (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification