Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPariwisata

Pasar Kuliner Malam Sepi Pengunjung, GMNI Lotim Minta Pemda Berinovasi

4
×

Pasar Kuliner Malam Sepi Pengunjung, GMNI Lotim Minta Pemda Berinovasi

Sebarkan artikel ini
Pasar Kuliner Malam Sepi Pengunjung, GMNI Lotim Minta Pemda Berinovasi
Kondisi Pasar Kuliner di Pancor. (Ainun Samidah/GMNI)
 

LOMBOK TIMUR – Pasar malam pancor yang buka dan diresmikan mantan Bupati Lotim 2 periode, HM Sukiman Azmy pada tahun 2023 lalu saat ini mulai sepi pengunjung. Sepinya pengunjung ini lantas membuat banyak pedagang yang berjualan terpaksa harus gulung tikar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC GMNI Lombok Timur (Lotim), Ainun Samidah melihat keadaan pasar malam di kawasan sebelah selatan masjid Pancor sudah tidak efektif lagi.

Example 300x600

Hal ini juga dilihat dari semakin hari kondisi pedagang atau UMKM yang ada ditempat itu semakin berkurang dan juga pengunjung semakin sepi.

Pasar Kuliner Malam Sepi Pengunjung, GMNI Lotim Minta Pemda Berinovasi
Ketua GMNI Lombok Timur, Ainun Samidah.

Ia juga mendorong, Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim segera mencari lokasi alternatif lain untuk lokasi pasar malam agar bisa menjadi sentral ekonomi kerakyatan yang paten didaerah tanpa adanya pengalihan arus lalu lintas atau penutupan jalur dan pindah angkut gerobak jualan setiap hari oleh pelaku usaha.

“Dan juga saya melihat perputaran ekonomi wisata kuliner di Lombok Timur sendiri sangat tinggi tapi sayangnya hanya ada di beberapa kecamatan saja,” ucap Ainun menjawab , Jumat (7/6/2024).

Lebih bagus lagi lanjutnya, jika Pemda Lotim bisa membuat kalender Event Kuliner Pasar malam dalam skema rotasi di 21 Kecamatan setiap bulannya dengan variasi menu asli desa/kecamatan.

Dengan begitu, ia meyakini setiap titik akan sangat ramai sepanjang tahun seperti pasar malam Pancor di awal di bukanya oleh Bupati sebelumnya

Ditempat terpisah, Masyarakat asal Desa Kabar, Supardi mengakui jika saat malam haro penutupan diareal pancor tersebut kurang evektif.

Hal ini juga sangat menggangu pengguna jalan, selain sepi pengunjung, kerap kali pasar kuliner pancor juga menambah kemacetan pada malam hari.

“Bukan orang yang berjualan atau berbelanja disana, namun justru menambah kemacetan karena banyak pemuda yang lalu lalang disekitar arena bazar,” tutupnya.

Example 300250
READ  Tidak ingin Ganggu Aktivitas Masyarakat, Anhar Mendaftar Balon Kades Sendirian Dengan Jalan Kaki
Example 120x600
Subscribe for notification