Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
Daerah  

Lokasabha Luar Biasa Pilih Komang Rena Nakhodai PHDI NTB

Lokasabha Luar Biasa Pilih Komang Rena Nakhodai PHDI NTB
Sabolah

Lombok Fokus | Mataram – Kisruh yang terjadi di tubuh Parisade Hindu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat atau PHDI NTB berujung dengan digelarnya Lokasabha Luar Biasa (LLB), Sabtu (14/5/2022), yang dihadiri Ketua PHDI Pusat dan diikuti perwakilan PHDI Kabupaten/Kota, perwakilan banjar se-NTB. Dalam LLB yang terlaksana di Pelataran Pura Meru Cakranegara, Kota Maaram tersebut, terpilih secara aklamasi Pinandita I Komang Rena selaku Keua Harian PHDI NTB masa bhakti 2022-2027.

Ketua Panitia Lokasabha Luar Biasa (LLB) PHDI NTB I Made Putu Sudiartha H. mengatakan, pelaksanaan LLB PHDI NTB tersebut didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Pengurus Pusat PHDI tertanggal 7 Maret 2022.

BANK NTB Syariah

“Selain itu, pelaksanaan Lokasabha Luar Biasa ini juga sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau AD-ART PHDI. Pun dalam pelaksanaannya, LLB ini juga sudah sesuai dengan ketentuan dilaksanakannya Lokasabha,” tegas Sudiartha.

Dikatakan, prinsip demokrasi tetap dikedepankan dalam proses pemilihan yang dalam prosesnya kepada peserta LLB ditawarkan tiga opsi cara pemilihan yakni pemilihan langsung, aklamasi dan voting. Dimana dalam LLB muncul dua kandidat bakal calon yang menjelang pemilihan salah satu bakal calon mengundurkan diri, sehingga tersisa satu bakal calon yaitu Pinandita I Komang Rena.

“Akhirnya peserta LLB yang memiliki hak suara secara aklamasi menunjuk Komang Rena selaku Ketua Harian PHDI NTB masa bhakti 2022-2027. Dimana dalam Lokasabha Luar Biasa itu ketua terpilih diamanatkan untuk melakukan pemurnian PHDI NTB,” tuturnya.

Dikonfirmasi terkait peserta Lokasabha Luar Biasa kaitannya dengan PHDI NTB kubu Gede Santhi yang mengklaim sebagai pengurus yang sah, Sudiartha mengatakan bahwa pelaksanaan LLB telah sesuai ketentuan termasuk kehadiran peserta, karena personal yang hadir telah memiliki keterwakilan.

READ  Kapasitas SDM Pranata Komputer, Kunci Utama Mengawal Transformasi Digital dan Menjaga Keamanan Data

“Semua kita undang, bahkan undangan juga kita lengkapi dengan lingk kesediaan menghadiri LLB. Artinya, kalau saat LLB yang bersangkutan tidak hadir langsung tapi dengan menyatakan kesiapan hadir melalui link yang kita sertakan, maka person itu kita nyatakan hadir,” katanya.

“Nah, khusus yang ditanyakan tadi (Gede Santhi, red) kita memang sengaja tidak mengundangnya karena pertimbangan takut nanti dikatakan kita mengejek,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam LLB telah terpilih pengurus Inti PHDI NTB masa bhakti 2022-2027 dimana Ketua Harian Pinantita I Komang Rena didampingi sekretaris Ida Bagus Cakrabawa dan I Wayan Swastika selaku bandahara.

“Tadi juga sudah terbentuk tim formatur yang diketuai ketua harian terpilih, dengan rentang waktu satu bulan ke depan untuk melengkapi kepengurusan. Setelah pengurus dinyatakan lengkap, baru setelah itu akan dilaksanakan pelantikan,” jelasnya.

“Kita berharap dengan telah terbentuknya Pengurus PHDI NTB definitif yang baru ini, sengkarut PHDI NTB selesai sehingga umat Hindu di NTB tidak kebingungan seperti anak ayam kehilangan induknya, karena tugas PHDI itu adalah pelayanan kepada umat, membimbing dan memberi teladan kepada umat,” imbuh Sudiartha. (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification