Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600

Komisi III DPR RI Dukung Usulan Kapolda NTB Bentuk Polres Khusus Mandalika

Komisi III DPR RI Dukung Usulan Kapolda NTB Bentuk Polres Khusus Mandalika
Sabolah

Mataram – Usulan Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. untuk membentuk Polres Khusus Mandalika, disambut positif dan didukung Komisi III DPR RI. Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery saat kunjungan spesifik di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (10/9/2021), menegaskan bahwa Polres Khusus Mandalika sangat diperlukan, karena menyangkut martabat negara.

“Kami Komisi III mendukung sepenuhnya, karena ini menyangkut harkat dan martabat negara kita di dunia internasional,” tegasnya.

BANK NTB Syariah

Dikatakan, terkait usulan dibentuknya Polres Khusus Mandalika memang tidak lazim dan mungkin baru pertama kali terjadi, karena pembentukan sebuah Polres tentu harus ada processing seperti nomenklatur dan lain-lain. Tetapi menurut Ketua Komisi III DPR RI, pembentukan Polres yang diusulkan Kapolda NTB itu terkait dengan martabat bangsa Indonesia di mata dunia internasional, sehingga pihaknya mendukung penuh dan akan berupaya mewujudkan terbentuknya Polres Khusus Mandalika.

“Saya meminta kepada sekretariat dan staf khusus, untuk siapkan sebuah konsep usulan yaitu usulan Komisi III dari hasil kunjungan spesifik di Polda NTB. Dalam usulan itu dibuat saja hasil temuan kita di lapangan, dibutuhkan Polres khusus untuk Mandalika,” ucap Herman Hery.

Tidak sampai disana, pihak Komisi III DP RI juga berjanji akan melakukan pendekatan persuasif kepada pimpinan Polri di Jakarta, untuk membicarakan terkait usulan dan kebutuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, terkait pembentukan Polres Khusus dimaksud.

“Sementara teknisnya, Kapolda akan langsung diundangan Asrena (Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran, red) untuk paparan di Jakarta,” sebutnya.

Sebelumnya, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. di akhir paparannya terkait penanganan pandemi Covid-19 di NTB, menyampaikan keinginan serta meminta dukungan untuk membentuk Polres Kawasan Khusus Mandalika. Dimana beberapa persiapan terkait lahan dan naskah akademik, menurut Kapolda NTB telah disiapkan. Bahkan dalam seminggu ke depan pihaknya akan melakukan studi kelayakan.

READ  Residivis ini Bobol Counter HP di Kediri, Kotak Amal Juga Diembat

“ITDC telah siap untuk memberikan lahan seluas satu hektar. Alhamdulillah, sudah negosiasi lagi kami minta dua hektar di tempat yang sangat strategis, mudah-mudahan proses ini berjalan lancar,” kata M. Iqbal. (red)

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification