Verification: 27a3a887773ff714

Kecamatan Gerung Komitmen Ciptakan Pilkades Paling Damai

  • Bagikan
Kecamatan Gerung Komitmen Ciptakan Pilkades Paling Damai
Sabolah

Lombok Barat – Polsek Gerung di Lombok Barat berkomitmen untuk mewujudkan Pilkades Kecamatan Gerung berlangsung damai. Beberapa kegiatan digelar untuk mewujudkan terciptanya Pilkades damai. Salah satunya adalah menggelar dialog kebangsaan bersama Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT).

Dialog kebangsaan bertema “Mewujudkan Pilkades Damai di Wilayah Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.” Dialog digelar di Mako Polsek Gerung, Sabtu pagi, 12 Juni 2021.

BANK NTB Syariah

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kesbangpol Lombok Barat, Isnanto Kurniawan, Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri, Camat Gerung, Mulyadi.

Kemudian, Dekan Fakultas Hukum UMMAT, Rena Aminwara, Ketua JPKP Lombok Barat, Akhyar Budiman, Kapus Dasan Tapen, Zulhana, serta calon Kades tiga desa bersama panitia.

Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri, mengatakan dialog tersebut sebagai ikhtiar untuk sukseskan jalannya Pilkades secara damai.

“Kegiatan ini bertujuan untuk silahturahmi sekaligus sebagai dialog kebangsaan untuk mewujudkan Pilkades damai di Kecamatan Gerung,” katanya.

Kapolsek berharap kontestan dapat menciptakan suasana damai dalam berkompetisi Pilkades ini.

“Diharapkan kepada semua kontestan untuk selalu menahan diri dalam memberikan statement yang dapat memecahkan belah persatuan masyarakat dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

AKP Zohri juga meminta jalannya Pilkades selalu mengikuti protokol COVID-19.

“Tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan karena situasi pada saat ini masih pandemi COVID-19,” imbaunya.

Untuk diketahui, sebelum dialog berlangsung terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan sepeda santai yang diawali start Kampus UMMAT Mataram yang melalui jalur BIL II dan finish di Mako Polsek Gerung. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan senam sehat.

Dekan Fakultas Hukum UMMAT, Rena Aminwara, mengatakan ide dialog tersebut datang saat berlangsungnya sepeda santai. Dari sana muncul ide menggelar dialog kebangsaan.

READ  Siapa Calon Kades Jagaraga Pilihan Anda ?

Dialog tersebut katanya, menjadi briefing (pengarahan) dalam mewujudkan Pilkades damai.

“Kami harapkan dalam kegiatan briefing terkait dengan Pilkades serentak ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan damai,” ujarnya.

Sekretaris Prodi Fakultas Hukum UMMAT, Adi Supriadi, mengatakan UMMAT pernah terlibat dalam membuat soal tes bidang kebangsaan saat Pilkades di Lombok Utara.

Dia menerangkan, seorang Kades adalah pelayan masyarakat yang sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga, dalam perspektif idiologi prinsip demokrasi kedaulatan ada di tangan rakyat.

“Sekarang desa itu merupakan dasar dari para Kader yang terbaik untuk perwakilan rakyat di dalam negara demokrasi ini,” katanya.

“Harapan saya adalah para kontestan Pilkades ini bisa beradu secara pikiran yang dapat memajukan desanya dan bisa mewujudkan Pilkades damai,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan
Pilkades damai oleh para calon Kades, Panitia Pilkades, dan Forkopimcam. (red)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral