Verification: 27a3a887773ff714

Jelang WSBK, Lombok Utara Siapkan 7.000 Kamar Hotel

  • Bagikan
Jelang WSBK, Lombok Utara Siapkan 7.000 Kamar Hotel
Sabolah

Lombok Fokus – Menyambut World Superbike (WSBK) yang akan diselenggarakan di Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Utara (KLU) tengah berbenah. Salah satunya yaitu menyiapkan sejumlah kamar hotel mencapai 7.000 kamar, hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Lombok Utara Raden Santio Wibowo, Senin (25/10).

Menurutnya, berbicara kesiapan bagaimana daerah akan menyambut wisatawan dampak WSBK Lombok Utara sangat siap. Sejumlah syarat seperti sertifikasi CHSE sudah dipegang oleh mayoritas hotel khususnya di tiga gili (trawangan, meno, dan air). Kemudian mengenai vaksinasi pelaku wisata pun jauh hari para pelaku hingga pengusaha sudah melaksanakan vaksin tersebut bahkan bisa dibilang jumlahnya di atas 75 persen.

BANK NTB Syariah

“Kita sudah himpun refrensi dari semua asosiasi dalam hal ini Gili Hotel Asosiasi (GHA). Lombok Utara siap untuk menyediakan 7.000 kamar,” ungkapnya.

Dijelaskan, ketersediaan kamar tersebut jelas berbanding lurus dengan operasional yang bakal dikeluarkan oleh pihak hotel tersebut. Maka itu, menjadi pertanyaan ketika hotel beroperasi kemudian seolah tidak ada jaminan jika wisatawan akan datang berkunjung pun menginap ditempat mereka. Pihaknya tidak ingin, justru para pengusaha menjadi korban.

“Hanya saja pertanyaan kita pemilik hotel jika dari sisi bisnis jaminan mereka apa, jangan menginstruksikan saja namun tidak ada jaminan. Berbicara kesiapan kamar ada kok,” jelasnya.

“Jangan sampai kawan-kawan di gili jadi korban karena membuka hotel lagi itu membutuhkan operasional yang besar. Secara tertulis (instruksi) belum ada dari provinsi namun jika kami ditanya siap, kami sangat siap,” imbuhnya.

Pihaknya menyakini imbas daripada WSBK pasti juga akan dirasakan oleh Lombok Utara. Pasalnya, yang ia yakini tidak mungkin wisatawan khususnya dari luar negeri berkunjung ke Lombok hanya menyaksikan event balapan saja. Tentu mereka bakal mencari refrensi mana-mana lokasi untuk liburan di pulau seribu masjid ini. Mengenai tiga gili sendiri, dirinya menyakini bahwa wisatawan luar sudah mengetahui eksistensinya.

READ  M16: Olahraga Bisa Menyempurnakan Karir Politik

“Ketika wisatawan domestik dan mancanegara datang berkunjung saya kira mereka akan ke sini karena tiga gili ini sudah mendunia. Apalagi hotel hotel juga punya jaringan ke luar masing-masing,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, sebelum digelarnya WSBK nanti pihak dinas akan mengadakan pertemuan yang akan dihadiri oleh seluruh asosiasi pelaku pariwisata. Turut pula dihadirkan pihak ITDC dan Pemprov NTB untuk bagaimana bersama mencari solusi terbaik sehingga kekhawatiran mengenai kesiapan hingga operasional para pengusaha bisa teratasi.

“Nanti kita akan pertemukan mereka semacam diskusi sehingga ada solusinya,” pungkasnya.(ric)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral