Verification: 27a3a887773ff714

Intip Keindahan Sirkuit Mandalika

  • Bagikan
Intip Keindahan Sirkuit Mandalika
Sabolah

Akun Facebook Gubernur NTB memperlihatkan kondisi terbaru dari Sirkuit Mandalika. Dalam unggahnnya tersebut, tampak Sirkuit tersebut sudah mulai tahap pengecatan.

Terlihat petugas tengah mewarnai bagian pinggir sirkuit dengan paduan warna merah, putih, dan hijau pada bagian pinggir.

BANK NTB Syariah

Intip Keindahan Sirkuit Mandalika

Padahal dalam proses pewarnaan ini, tidak sembarangan asal mengecat saja. Warna ini sudah sesuai dengan standar Federation Internationale de Motocyclisme atau sering dikenal FIM.

Dalam dokumen yang diterbitkan oleh FIM, warna yang dipakai sudah sesuai standar

Kerb adalah bagian samping sirkuit yang ditandai dengan warna-warni. Salah besar warna-warna itu hanya berfungsi sebagai estetika semata.

Intip Keindahan Sirkuit Mandalika

Kerb digunakan sebagai penanda batas racing line para pebalap. Nah, jaraknya minimal 12 meter dengan bagian awal dan akhirnya berbentuk segitiga warna putih.

Trek juga dilengkapi dengan verges dan area run off. Verges bisa diartikan sebagai bagian terluar sirkuit. Sebenarnya verges memiliki profil yang sama dengan sirkuit, tapi harus diberi warna berbeda.

Run off adalah area yang ada di antara verge dan protective line pertama.

Fungsi keduanya untuk meningkatkan jarak penglihatan dan menstimulasi kemampuan pebalap menggunakan lebar sirkuit.

Intip Keindahan Sirkuit Mandalika

Fungsi lain yang tak kalah penting, kedua area ini membantu pembalap untuk menghentikan motornya tanpa harus terjatuh. Intinya, baik verges maupun run off merupakan bagian dari standar keamanan sirkuit.

Dalam pengecatan Sirkuit Mandalika sendiri, dikerjakan oleh tim khusus yakni tim pengecatan professional RoadGrip

Peralatannya pun bukan sembarang alat biasa lho, melainkan peralatan cat yang digunakan khusus untuk aspal jenis SMA ( Stone Mastic Asphalt).

“Jenis cat ini pun mempunyai kemampuan yang mumpuni dari cuaca dan “siksaan” kendaraan – kendaraan balap yang akan melintasinya.” tulis keterangan dalam akun Instagram @themandalikagp.

READ  Apresiasi Kekompakan Forkopimda, Gubernur NTB Puji Kampung Sehat

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral