Verification: 27a3a887773ff714

Hut Ke-66 MBI,Umat Buddha Lobar Bersihkan Pantai Elak-Elak Sekotong

  • Bagikan
Hut Ke-66 MBI,Umat Buddha Lobar Bersihkan Pantai Elak-Elak Sekotong
Sabolah

Lombok Barat,– Ulang tahun Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) ke-66 tahun 2021,yang diperingati pada tanggal 4 Juli 2021, dirayakan dengan berbagai kegiatan oleh Umat Buddha Indonesia.

Salah satunya adalah Keluarga Besar Buddhayana Indonesia,Majelis Buddhayana Indonesai (MBI),Wanita Buddhis Indonesia(WBI),Sekber PBI (Pemuda Buddhayana Indonesia) Kabupaten Lombok Barat dengan menggelar kegiatan kebersihan lingkungan.Yaitu bersih sampah di Kawasan Wisata Pantai Elak-elak Dusun Pengawisan Desa Persiapan Pesisir Mas Kecamatan Sekotong.Kamis (8/7/2021),dimulai sekitar pukul 15:30 Wita.

BANK NTB Syariah

“Jadi kegiatan ini adalah gerakan kebersihan lingkungan dalam rangka memeriahkan Hari Raya Waisak 2565 BE, kemudian Perayaan Hari Asadha sebagai salah satu hari Besar Agama Buddha.Berikutnya HUT MBI Ke 66 tahun,serta HUT Pemuda Buddhayana Indonesi (PBI),”jelas Romo Nasib,SH,Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kabupaten Lombok Barat,ketika dikonfirmasi media saat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Lebih jauh,Sekretaris Permabuddhi NTB ini,juga menjelaskan bahwa tema dari seluruh kegiatan ini adalah gerakan peduli lingkungan dan bersih wisata Pantai Sekotong.

“Sebab lingkungan bersih dan sehat adalah cerminan generasi sehat di masa depan.Selain itu,Kawasan Sekotong memang dikenal memiliki kawasan wisata pantai”ujarnya.

Kegiatan baksti sosial membersihkan sampah Pantai Elak-elak tersebut diikuti ratusan Ummat Buddha yang berasal dari Desa Mareje Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.Mereka tumpah ruah memadati hampir sepanjang pinggir Pantai Elak-Elak,walaupun demikian terlihat mereka melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan rata rata menggunakan masker.

Dengan menggunakan kendaran bak terbuka serta roda dua,para peserta baksos yang terdiri dari para pemuda,remaja, hingga ibu rumah tangga tersebut,terlihat begitu bersemangat mengumpulkan serta membakar sampah yang ditemukan.
Mereka membawa perlengkapan sendiri seperti sapu,sekop,karung serta alat kebersihan lainnya.

“Setelah kegiatan bersih lingkungan ini,kami merencanakan untuk menanam bibit mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Sekotong.Karena di Sekotong sudah ada tempat pembibitan Mangrove,”pungkas Romo Nasib yang juga merupakan Ketua BPD Desa Mareje ini.

READ  AMPES Minta Kejari Tuntaskan Kasus Dugaan Penjualan Aset

Ditempat yang sama,Sekber Pemuda Buddhayana Indonesia (PBI) Lombok Barat,Sardi,S.Pd,sangat mendukung kegiatan kegiatan yang melibatkan para pemuda oleh MBI Lombok Barat.

“Ini merupakan bentuk kewajiban kami Pemuda Buddhayana Lombok Barat,yang tidak hanya bergerak di bidang keagamaan saja.Melainkan juga pada bidang sosial maupun lingkungan.Dan kami sudah bertekad bahwa keterlibatan pemuda dalam kegiatan lingkungan seperti ini sangat penting,”ucap Sardi.

Dari pantauan media ini,dengan adanya kegiatan bakti sosial kebersihan lingkungan oleh Ummat Buddha Lombok Barat ini,telah menyulap hampir sepanjang 1 km pinggir Pantai Elak-Elak hingga terlihat bersih.

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan bakti sosial oleh Umat Buddha Lombok Barat di Pantai Elak-Elak.Kami juga sebagai pengelola dan masyarakat disini rutin menggelar kegiatan bersih pantai setiap hari Jum’at.Tetapi namanya juga pantai,banyak terdapat sampah kiriman yang dibawa ombak,”ujar Mutiadi,Pengelola Kawasan Pantai Elak-Elak.

Kegiatan baksos berakhir menjelang pukul 17:00 Wita.Usai berfoto bersama para peserta baksos kemudian kembali ke rumah masing-masing.(sid).

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral