Verification: 27a3a887773ff714

Garuda Fokus Penerbangan Domestik

  • Bagikan
Garuda Fokus Penerbangan Domestik
Sabolah

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan perubahan sasaran pasar dari bisnis Garuda. Maskapai penerbangan milik negara itu segera dikonsentrasikan menyasar penumpang dan karco pada rute penerbangan domestik.

Perubahan ini, kata Eric dikutip dari wawancara dengan IDX Channel, Kamis (16/9), ditempuh untuk mendulang dari pangsa pasar domestik yang masih potensial.

BANK NTB Syariah

Estimasi perputaran uang mencapai Rp1.400 triliun untuk penggunaan pesawat dalam penerbangan antar-pulau.

Pengguna jasa penerbangan memang masih didominasi penumpang domestik. “Nanti kita akan fokus pada penerbangan dalam negeri saja,” ujar Erick Thohir.

Selain perubahan sasaran pasar itu, Kementerian BUMN, sebagai pemegang saham mayoritas, sudah menetapkan beberapa rencana untuk menyelamatkan bisnis Garuda Indonesia.

Di antaranya merestrukturisasi utang emiten. Garuda sudah mendapat dukungan untuk resrukturisasi utang dari Pertamina dan Angkasa Pura serta beberapa BUMN lainnya.

Utang Garuda saat ini Rp70 triliun. Sebagian besar karena biaya sewa (leasing) pesawat yang di luar batas wajar.

Pekan lalu Garuda memang dinyatakan kalah di Arbitrase Internasional di London. Implikasinya, sesuai putusan arbitrase, Garuda harus membayar sewa pesawat kepada para lessor sesuai persyaratan dan skema semula.

Garuda kemudian menempuh negosiasi ulang dengan para lessor di luar pengadilan.

Dilakukan juga pemetaan ulang pembiayaan sewa (leasing) pesawat.
Lantaran, menurut Erick, leasing pesawat Garuda tertinggi di dunia.

Untuk menekan pengeluaran sewa, “Kami sedang fokus negosiasi. Yang secara bisnis kemahalan ya kami negosiasi ulang dengan lessor.”

Bila ada lessor yg terindikasi korupsi (temuan KPK) ketika dulu dalam proses transaksi sewa menyewa, dan sekarang tidak mau mengurangi sewa, “ya silakan saja ambil kembali pesawatnya,” pungkas Erick.*

Facebook

READ  WEBINAR "Menyikapi Perubahan Undang-Undang ITE"
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral