Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600
IKLAN PANJANG

Akulturasi Budaya dan Menjaga Kelestarian Budaya Lokal

Akulturasi Budaya dan Menjaga Kelestarian Budaya Lokal
Sabolah

Penulis: Dinia Hidayati, Abdul Hafiz, Alda Sadiatullah, Deni Wirahadi, Saimi

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dalam berbagai macam suku ras dan juga budaya , dimana setiap budaya memiliki keunikan dan juga karakteristik tersendiri. Budaya dapat diartikan sebagai suatu kebiasaan yang telah tertanam dari dalam diri setiap orang yang diajarkan dari generasi ke generasi yang akan datang kebudayaan yang ada di Indonesia saat ini mengalami kemunduran atau kepunahan tentu saja hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu perubahan sosial. Perubahan sosial yaitu perubahan pola hidup dan juga interaksi yang ada di masyarakat. Perubahan sosial sendiri dipengaruhi oleh sikap terbuka terhadap perubahan selain itu perkembangan zaman juga menjadi pemicu pergeseran pola hidup dan interaksi di masyarakat.

BANK NTB Syariah

Dari pola yang mengandalkan komunikasi langsung dengan komunikasi menggunkan media . Pengaruh yang kemudian secara perlahan memasuki kehidupan masyarakat adalah pergeseran kearifan lokal dalam kontrak adat serta kebudayaan lebih luas. Adapun konsep Kebudayaan yang dipahami adalah sistem ide ataupun gagasan yang merupakan acuan bagi tingkah laku dalam kehidupan sosial. Jika kebudayan yang diikuti baik maka tingkah laku seseorang juga akan baik begitu pun sebaliknya jika nilai kebudayaan yang diambil buruk maka tingkah laku seseorangpun akan buruk.

Di Indonesia banyak sekali warga pendatang dengan kebudayaan berbeda beda yang dapat mempengaruhi perubahan budaya atau pembaharuan budaya , dimana ketika ada pendatang baru maka akan terjadi sosialisasi antara warga lokal dan warga pendatang dan kebanyakan warga lokal meninggal kan kebudayaan yang ada dan mengikuti kebudayaan yang dibawa oleh warga pendatang tentu saja hal tersebut mempunyai dampak terhadap perubahan kebudayaan di Indonesia .

Adapun dampak positif dari pembaharuan atau perubahan budaya tersebut adalah dalam bidang pendidikan masyarakat lebih maju dalam berfikir kritis, masyarajat yang berfikir rasional cendrung menjauhi hal irasional, taraf hidup masyarakat meningkat, seseorang lebih mungkin memikirkan hal yang lebih berkemanusiaan karena sesuai dengan nilai kebudayaan yang telah ada, adapun didalam bidang industry terjadi proses perkembangan pesat yang berkaitan dengan mutu ataupun jumlah. Tidak hanya dibidang pendidikan dan industry perubahan kebudayaan juga memiliki pengaruh terhadap sektor pertanian subsistem menjadi sistem intensitifikasi pertanian yang mampu menuju swasembada pangan dan dibidang teknologi terjadi proses perkembangan alih teknologi.

READ  Ponpes Uswatun Hasanah Cempaka Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-76

Perubahan budaya juga tidak dapat terlepaskan dari dampak negative, adapun dampak negative dari perubahan budaya yaitu bentuk kesenian tradisional terdesak kesenian modern dan bentuk peralatan tradisional terdesak pula oleh peralatan modern yang dapat memusnahkan kesenian yang dihasilkan oleh budaya dan tidak dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Selanjutnya yaitu muncul sikap individualistis dalam kehidupan social yang dapat menghilangkan prinsip-prinsip kekeluargaan dalam masyarakat, muncul keresahan social akibat pencemaran lingkungan hidup, dan yang terakhir hasil pembangunan belum dapat dinikmati secara menyeluruh karena banyak bangunan tradisional yang punah akibat dari lebuh banyaknya bangunan modern.

Untuk menjaga kebudayaan yang ada di Indonesia kita sebagai warga Negara Indonesia sangat berpengaruh terhadap kelestarian budaya di Negara ini. Dalam mempertahankan budaya kita dapat melakukan beberapa hal yaitu, dengan mempelajari budaya lokal karena dengan mempelajari budaya lokal kita dapat mengetahui budaya apa saja yang patut diperrtahankan agar tidak punah, upaya selanjutnya mengikuti kegiatan budaya asal atau lokal, karena dengan mengikuti budaya yang ada maka dapat menambah rasa kecintaan pada suatu kultur yang ada di indonesia, selain itu mengenalkan produk budaya ke kencah internasional dengan memperkenalkan beberapa kesenian khas Indonesia, dan terakhir yaitu menjadikan budaya sebagai identitas yang dapat menunjukkan rasa bangga terhadap budaya local yang dimiliki di tengah tengah globalisasi. Upaya upaya tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kebudayaan yang ada agar bisa dirasakan dan dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Dengan upaya yang dilakukan maka ada beberapa budaya yang masih bertahan sampai sekarang ini, adapun beberapa budaya di Indonesia yang unik sampai sekarang ini yaitu karapan sapi adalah salah satu upacara adat yang dilakukan masyarakat Madura, upacara potong jari, kasada, tanam sasi, tabuik, merarik, makepung, bau nyale, debus, ngaben, dugderan, ngurek, melasti, perang pandan, mesuryak, pesola, kebo keboan, tiwah, menea mundingan, rapai daboh selain itu ada beberapa tarian yaitu tari saman, tari kecak, tari serimpi, tari yapang, dan lain sebagainya. Itulah beberapa kebudayaan yang masih bertahan sampai sekarang ini yang harus dipertahankan dan diperkenalkan ke generasi yang akan datang.

READ  Ikhtiar Menyelamatkan Bangsa Dari Covid-19 Kampus STTM Gelar Vaksinasi

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification