Berita  

Afifuddin Terima Penghargaan Santri of The Year 2023: Konsistensi Lebih Berarti daripada 1000 Karomah

Afifuddin Terima Penghargaan Santri of The Year 2023: Konsistensi Lebih Berarti daripada 1000 Karomah

Jakarta, Lombok Fokus – Anggota KPU, Mochammad Afifuddin, menerima penghargaan Santri of The Year 2023 dari Islam Nusantara Center (INC) bekerja sama dengan MPR dan Majlis Pesona (Pecinta Sholawat Nusantara) Kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Nasional, di Jakarta, Minggu (29/10/2023). Penghargaan diberikan oleh perwakilan MPR, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Dalam testimoninya usai menerima penghargaan, Afif mengatakan bahwa yang paling penting bagi semua sebagai santri adalah silaturahim di setiap forum, menguatkan ikatan batin dan ikatan silaturahim badaniyah dan rohaniah kita.

Sabolah

Afif merefleksikan dua hal yang diajarkan oleh para kyai. Pertama adalah belajar tentang konsistensi atau keistiqomahan. Kedua, belajar tentang bagaimana menghormati atau belajar dari orang lain atau ilmu, dari mana pun dia berasal.

“Sebagai santri tentu saya ingin memberikan rasa syukur sekaligus terima kasih kepada para guru, para sepuh para, masyayikh [guru/pengasuh pesantren_red] yang sudah mengajarkan kepada kita semua bagaimana berbuat baik, menghormati sesama dan menghargai ilmu pengetahuan, sehingga kita sampai pada situasi yang seperti ini,” kata Afif.

Tak lupa, Afif mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang sudah menitipkan kepada kyai. “Kita saat dulu masih kecil tidak pernah tahu besarnya mau jadi apa santri itu. Saat kita belajar kitab dari halaman ke halaman, kita nggak tahu mau jadi apa,” tambahnya.

Afif menyakini, saat ini santri bisa jadi apa pun. Menurutnya, kesabaran santri untuk belajar semua materi di pesantren, telah mengantarkan kita pada situasi saat ini. “Ketekunan, keistiqomahan lebih penting daripada 1000 kekaromahan, kata kyai-kyai dulu,” tegasnya.

Afif juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada istri, Nur Arofah istri yang selalu membersamai dalam seluruh aktivitas sejak bertemu. “Kebetulan istri saya santriwati juga, santrinya Kyai Ilyas Ruhiat, yang juga mendapatkan anugerah tadi,” ucapnya.

READ  Maaf Pengelolaan Wisata di Kecinan Terkendala Lahan !

Afif berharap inspirasi ini juga bisa menjadi penyemangat buat para santriwan, santriwati di manapun berada untuk tetap semangati bahwa belajar apapun, belajar di manapun, di pesantren, dari siapapun, yang penting itu, ambil yang baik, karena menurut Afif, semua orang adalah ilmu pengetahuan. Pada saatnya semua ilmu itu akan bermanfaat, jika digunakan untuk kebaikan. Santri akan bisa bermanfaat, jika para santri mendedikasikan dan mengamalkan seluruh amal kebaikan.

Afif mencontohkan misalnya dalam urusan pemilu sebagaimana dirinya direpresentasikan saat ini. “Sejak tahun 99 saya di dunia mahasiswa, di dunia LSM, kemudian jadi Bawaslu sampai sekarang 2023, urusannya pemilu terus. Kalau tanpa keistiqomahan, tanpa konsistensi tidak ada cerita dari tahun 99 sampai 2023. Ini membuktikan bahwa Al Istiqomah Khoirun Min Alfi Karomah,” pungkasnya.

Facebook

Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification