8 Jurnalis di Mataram Dilatih Jadi Jurnalis Investigasi

8 Jurnalis di Mataram Dilatih Jadi Jurnalis Investigasi

Hivos  melalui porgram speak melatih jurnalistik dan warga kota mataram untuk melaporkan anggaran sektor pendidikan dan kesehatan

Mataram, Lombok Fokus – Hivos melalui program SPEAK dengan dukungan pendanaan dari kesatuan ekonomi dan politik 27 negara Eropa (uni Eropa), mengajak 8 jurnalis dan 15 warga kota mataram untuk mengikuti pelatihan daring jurnalisme investigasi dan pelatihan daring jurnalisme rakyat pada 5-10 Juli dan 14-16 Juli 2021. Peserta pelatihan dakan mengawasi dan melaporkan pemanfaatan anggaran sektor kesehatan dan pendidikan.

Sabolah

“Kami mengajak warganegara ikut mengawasi pemanfaatan anggaran sektor kesehatan dan pendidikan untuk mendorong pengadaan politik yang transparan dan akuntable, anggaran sektor kesehatan dan pedidikan yang meningkat tajam saat pandemi Covid-19 masih harus diawasi 1-2 tahun ke depan” Kata Ilham Saenong, Manager Pengembangan Program Hivos. Senin (5/7/21).

Setelah pelatihan jurnalisme rakyat selesai, 15 peserta akan dibimbing oleh mentor berpengalaman daro TempoWitness untuk melaporkan ttemuan penyimpangan terkait peggunaan anggaran yang akan dipublikasikan di  TempoWitness dan JAGA KPK.

Seringkali warga yang peduli merasa takut ketika ingin melaporkan kejanggalan penyimpangan dari penyalahhgunaan anggaran. Terutama yang mereka alami sendiri. Dengan melaporkan ke TempoWitness mereka akan bisa dilindungi oleh kekuatan UU Pers” Kata Yoseph Suprayogi, Redaktur Pelaksana Tempo yang juga trainer-mentor TempoWitness

Jurnalis Investigasi berpengalaman dan tempo mengampuh pelatihan daring jurnalisme investigasi dan akan membimbing 8 jurnalis terpilih dalam membuat liputan investigasi terait anggaran sektor pendidikan dan kesehatan.  Delapan jurnalis terpilih ini akan medapatkan dukungan pendanaan untuk liputan investigasi mereka yang akan terbit di media lokal dan nasional.

“sebagai pelatih dan mentor, saya berharap laporan teman-teman ini bisa memberikan dampak positif, mendorong keterbukaan penggunan anggaran sektor kesehatan dan pendidikan,” Kata Mustafa, Jurnalis Investigasi yang juga redaktur majalah Tempo. (Asjp)

Facebook

Sabolah
READ  Tim Aksi NU Lobar Peduli Kemanusiaan Mulai Bergerak

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification