Verification: 27a3a887773ff714

18 Negara Ramaikan Triathlon HK Endurance Challenge

  • Bagikan
18 Negara Ramaikan Triathlon HK Endurance Challenge
Sabolah

Lombok Utara, Lombok Fokus – Event Triathlon HK Endurance Challenge sebagai rangkaian guna menyambut World Superbike (WSBK) Mandalika secara resmi telah diselenggarakan, Minggu (17/10). Berlokasi di Gili Air Lombok Utara setidaknya tercatat ada puluhan atlit dari 18 Negara dan 5 Benua ikut ambil bagian meramaikan kegiatan tersebut.

Sekjen Federasi Triathlon Indonesia Brigjen TNI Erwin Septiansyah mengungkapkan, kegiatan ini terlaksana lantaran kolaborasi dari berbagai pihak. Terutama PT Hutama Karya (BUMN) yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara guna merealisasikan kegiatan. Dibuka di Gili Air nantinya event akan berakhir di Kuta Mandalika.

BANK NTB Syariah

“Ini menunjukkan pada dunia kita siap khususnya Lombok untuk dikunjungi wisatawan. Selain itu ini termasuk rangkaian acara dalam menyambut WSBK,” ungkapnya.

“Para atlit tadi sudah renang sepanjang 2 km, kemudian akan dilanjutkan bersepeda 100 km (menuju Mandalika), dan lari sepanjang 21 km. Semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dalam rangka menarik wisatawan mancanegara,” imbuhnya.

Direktur Operasi 1 PT. Hutama Karya Novias Nurendra menjelaskan, pihaknya hadir untuk membantu menggerakan ekonomi, lebih khusus dalam membangkitkan pariwisata. Tercatat ada 100 atlit yang ambil bagian dalam HK Endurance Challenge ini, setelah dari sini para atlit akan bersepeda melewati jalur Nipah ke Senggigi kemudian lanjut ke jalur By pass. Terhadap pengamanan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda NTB pun pihak kesehatan.

“Formatnya begitu, renang setelahnya bersepeda dan lari. Kami disepenjang titik sudah siapkan water station dan ada motor yang mengawal atlit, ditemani tim panitia keamanan dan kesehatan sudah kita siapkan,” jelasnya.

Gol daripada kegiatan ini yaitu untuk menarik wisatawan sekaligus membuktikan bahwa Pariwisata Lombok sudah bisa dikunjungi. Hingga pada akhirnya perhelatan WSBK diharapkan menjadi titik balik pariwisata. Menyangkut hadiah pada atlit nantinya juara pertama diganjar Rp 25 juta, juara kedua Rp 20 juta, dan juara ketiga mendapat Rp 15 juta.

READ  Bagaimana Nasib Wayang Sasak.?

“Tadi ada yang dari Brazil, Honduras, Latvia, Amerika, dan Inggris semua ada. Mereka senang dengan kegiatan ini saya kira kita bisa menunjukkan lombok siap menerima wisman hadir. Dukungan kita lainnya, kami berikan csr pada sekolah dasar yang lokasinya terlewati kegiatan ini. Ini sebagai tanggungjawab sosial Hutama Karya,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Carter Febrianto menyambut baik pelaksanaan HK Endurance Challenge di daerahnya. Menurutnya kedepan ini bisa dijadikan sebagai kalender event pariwisata daerah. Lombok Utara dikatakannya tak melulu harus menjual alam kepada wisatawan kendati sport tourism juga harus dijadikan salah satu daya tarik tersendiri.

“Semoga kegiatan ini jadi trigger pariwisata untuk bangkit pasca pandemi. Kita pilih renang dari Pantai Sira ke Gili Air diharapkan memicu pariwisata khususnya Gili Air supaya bergerak secara ekonomi,” pungkasnya.(ric)

Facebook

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification
Refleksi HANI, Wartiah dan Rumah Aspirasi Gelar Loma Video Kreatif Mantan Wakil Gubernur NTB Wafat Aksi Joget Tiktok di Lombok Viral