Berita  

1.261 Wisudawan UIN Mataram Dikukuhkan Rektor

1.261 Wisudawan UIN Mataram Dikukuhkan Rektor

Mataram, – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram periode Agustus 2023 mewisudakan Sebanyak 1.261 wisudawan-wisudawati jenjang S1, S2 dan S3 di Auditorium kampus 2 UIN Mataram, Sabtu 19 Agustus 2023.

Acara wisuda berlangsung dua sesi, sesi pertama jam 08:00-12:00 untuk Pascasarjana dan FTK UIN Mataram sebanyak 642 wisudawan dan sesi kedua jam 13:00-16:00 untuk FDIK, FUSA, FEBI dan FS UIN Mataram sebanyak 619 wisudawan.

Sabolah

Agenda wisuda diawali dengan pebacaan ayat suci al-Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa dipimpin oleh Prof. Dr. H. Lalu Supriadi Bin Mujib, MA. Selanjutnya Ketua Senat Prof. Dr. H. MS. Udin, M.Ag. membuka secara resmi sidang senat terbuka UIN Mataram dalam rangka Wisuda ke-46 UIN Mataram.

Pembacaan SK Wisudawan/wati oleh H. Saroji Ilham, S.Sos., MH. Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama UIN Mataram.

Berdasarkan SK Rektor UIN Mataram wisudawan terbaik utama pertama diberikan kepada Fidina Ainisahlia dari Prodi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTK UIN Mataram dengan IPK 3,94 predikat cumlaude. Dan terbaik utama kedua diberikan kepada Lalu Taufiqurrahman dari Prodi S2 MPI Pascasarjana UIN Mataram dengan IPK 3,91 predikat cumlaude.

Kepada dua wisudawan terbaik utama diberikan penghargaan berupa uang tunai Rp. 5.000.000,-, satu buah tablet Samsung, tabungan haji muda dan dibebaskan biaya kuliah jika melanjutkan studi di Pascasarjana UIN Mataram.

Selanjutnya Rektor secara resmi mengukuhkan sarjana, magister dan doktor sebayak 1.261 yang terdiri dari Pascasarjana 77 wisudawan, FDIK 142 wisudawan, FEBI 291 wisudawan, FS 97 wisudawan, FTK 565 wisudawan, dan FUSA 89 wisudawan.

Mengawali sambutan, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag. memberikan penghormatan kepada seluruh tamu undangan yang hadir baik hadir secara langsung atau mengikuti dari daring UIN Tv atau media sosial UIN Mataram. Rektor mengimbau, “Jangan lupa like, share and subscribe”.

READ  Live Streaming Final Inggris vs Italy Uero 2020

Rektor juga memberikan ucapan selamat kepada wisudawan/wati yang hari ini sedang berbahagia dengan telah dikukuhkannya sebagai sarjana, magister dan doktor mendapatkan gelar setelah penantian panjang. Menurut Pak Rektor, tidak mudah meraih prestasi akademik untuk meraih sarjana, magister ataupun doktor berbagai dinamika telah dihadapi untuk sampai titik ini.

“Saya ucapkan selamat kepada wisudawan/wati, kalian orang yang sukses karena telah berhasil menyelesaikan kuliah dan kuliah yang baik adalah yang selesai. Barakallah fii ulumikum, semoga Ilmu yang didapat di kampus semakin berkembang di luar kampus, terkatualisasi dan bermanfaat bagi masyarakat”, ucap Pak Rektor.

Bapak Rektor juga memberikan nasihat untuk wisudawan agar tetap tawadhu ilmiah jangan sombong. Ingat terus jasa orang orang tua, keringat, kelembutan, kasih sayang dan doa mereka. Dengan membacakan firman Allah dalam Qs. Luqman ayat 14, “Anisykurli wa liwalidyka ilam mashir” artinya Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Lanjut Pak Rektor, “janganlah merasa cukup dengan ilmu yang didapat saat ini, namun lanjut root map perjalanan ilmiah saudara karena Allah telah menyusun peta perjalanan ilmu itu tidak punya batas maka faidza faraqta fanshab jika telah tuntas dari sarjana, maka lanjutkan ke magister dan seterusnya. Kita tidak boleh berhenti, hidup ini terus berevolusi kretif dan dinamis. Jadilah pembelajar krn kehidupan ini tidak berhenti memberikan pelajaran buat kita”.

Sebelum memungkasi sambutan, Rektor berpesan kepada segenap wisudawan agar tidak kehilangan karakter sebagai alumni UIN Mataram. Termasuk, tidak melupakan jasa orangtua dalam setiap kesuksesan yang dicapai.

Kemudian prosesi pemindahan tali toga dari kiri ke kanan oleh Bapak Rektor sebagai simbolis bahwa mahasiswa telah lulus dan siap terjun ke masyarakat. Dalam prosesi ini juga mahasiswa secara berurutan langsung diberikan ijazah, SKPI dan buku wisuda. Dengan demikian mahasiswa bisa mempersembahkan ijazahnya kepada orang tua dan dapat dimanfaatkan untuk pendaftaran CPNS yang akan dibuka bulan Desember mendatang.

READ  18 Negara Ramaikan Triathlon HK Endurance Challenge

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengucapan Ikrar setia Alumni UIN Mataram dan penyerahan penghargaan wisudawan terbaik utama yang diterima langsung oleh wisudawan penerima penghargaan dengan didampingi olehnya kedua orang tua masing-masing.

Pesan dan kesan disampaikan oleh Taufiqurrahman wisudawan terbaik utama, mengingatkan para wisudawan dan wisudawati agar tidak menjadikan wisuda atau upacara kelulusan sebagai akhir dari proses belajar, namun harus terus berlanjut.

Taufiqurrahman sebagai alumni S1 UGM jurusan manajemen kehutanan memberikan kesan berbagai dinamika perjalanan yang telah dihadapi menuju titik ini, masing-masing wisudawan memiliki tantangan masing-masing ada pengorbanan dan perjuangan yang kita berikan, Itu semua menjadikan kita jatuh hati kepada UIN Mataram.

Acara prosesi wisuda diakhiri dengan kalimat penutup dari Ketua Senat UIN Mataram.

Selamat kepada seluruh wisudawan UIN Mataram.

Facebook

Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification