Verification: 27a3a887773ff714
banner 120x600
banner 120x600

Pluralisme Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Pluralisme Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sabolah

Penulis: Nurmaya Aulia, Eva yatmin, Ayu lestari, Muhammad wahyudi, Hasbullah sukron. Mahasiswa Sosiologi Agama UIN Mataram.

Lombok Fokus – Ketika kita mendengar bhineka tunggal ika, maka kita harus mengaitkannya dengan pancasila, burung garuda, berbeda suku. Karena bhineka tunggal ika tidak dapat dipisahkan dari pancasila, semangat persatuan, dan kesatuan. Kebersamaan dan kekompakan sebagai sebuah bangsa dan negara. Bhineka tunggal ika ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 tahun 1951 dan Undang-Undang RI Nomor 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan. Bhineka Tunggal Ika mengandung makna: mendorong timubulnya kesadaran tentang pentingnya pergaulan demi kukuhnya persatuan dan kesatuan, tidak saling menghina, mencemooh, atau saling menjelekkan diantara sesame bangsa, saling menghormati, dan saling mencintai antar sesame, meningkatkan identitas dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, dan meningkatkan nilai gotongroyong dan solidaritas.

BANK NTB Syariah

Indonesia adalah salah satu negara yang berkembang di dunia serta salah satu bangsa yang memiliki pluralisme yang beraneka ragam, mulai dari keberagaman ras, suku, budaya, bahasa, dan beribu-ribu pulau yang menjadi mutiara indah yang ada di tanah air ini. Secara garis besar perlu kita atensi dengan sangat bahwasannya bangsa Indonesia beranekaragam pluralisme yang dimiliki, tentu menjadi keniscayaan yang harus di syukuri dan rasa terima yang harus kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Wawasan kebangsaan tanah air Indonesia yang terdiri dari 4 pilar yang menjaga keutuhan dan keharmonisan bangsa ini dalam menjalankan prinsip kehidupan yakni UUD 1945, NKRI, Pancasila, dan juga Bhineka Tunggal Ika tentu harus di jaga bersama empat pilar, wawasan kebangsaan ini dirumuskan semata-mata untuk menjadi pegangan masyarakat bangsa Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

READ  Ponpes Al-Qur'an Nurul Hidayah,Berprestasi bersama Al-Qur'an.

Akan tetapi dalam hal ini kita akan lebih memperkenalkan serta menjelaskan tentang esensi Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia.Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah semboyan negara yang memilki arti “Walaupun kita berbeda akan tetapi tetap satu”. Yang dimana ini memilki sebuah arti mendalam bahwasanya di dalam dinamika kehidupan tentu bangsa Indonesia dengan kekayaan sumber daya manusia serta juga sumber daya alamnya yang melimpah ruah dan di tambah lagi dengan berbagai macam keberagaman budaya yang ada di bangsa ini tentu bukan hal yang mudah bagaimana caranya menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia. Maka dari itu dengan cara kita menghargai berbagai macam perbedaan yang melekat pada bangsa ini, itu bukan menjadi sebuah penghalang atau penghambat akan tetapi itu adalah sebuah kelebihan bangsa kita ini untuk bagaimana caranya kita menjunjung yang namanya nilai-nilai persatuan dan kesetuan tanah air tercinta ini. Sikap kebhinekaan ini harus tertanam kuat dalam setiap individu masyarakat Indonesia dan ini harus menjadi prinsip kuat dalam kehidupan, menjaga serta saling merangkul dan menghargai satu sama lain harus kita laksanakan sebagaimana mestinya, karena semboyan Bhineka Tunggal Ika sifatnya mengikat tali persaudaran masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu marilah kita jaga bhineka tunggal ika dengan sebaik-baiknya agar persatuan bangsa dan negara indonesia tetap terjaga dan kita pun haruslah sadar bahwa menyatukan bangsa ini memerlukan perjungan yang panjang yang di lakukan oleh para pendahulu kita dalalm menyatukan wilayah republik indonesia menjadi negara kesatuan.

 

Facebook

Sabolah
banner 120x600
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Sabolah
Subscribe for notification