23 Bentuk Toko yang Harus Anda Ketahui

23 Bentuk Toko yang Harus Anda Ketahui
23 Bentuk Toko yang Harus Anda Ketahui. Foto : Seputar Ilmu

Lombok Fokus – Toko atau kedai adalah tempat usha jual beli antara produsen dengan konsumen, menurut KBBI  “toko/to·ko/ n kedai berupa bangunan permanen tempat menjual barang-barang (makanan kecil dan sebagainya”.

Menurut Levy dan Weitz 2001:8 “toko adalah satu rangkaian aktivitas bisnis untuk menambah nilai guna barang dan jasa yang dijual kepada konsumen untuk konsumsi pribadi atau rumah tangga”

Sabolah

Bagi pembaca Lombok Fokus, penulis akan merangkum bentuk toko dari berbagai literatur.

Bentuk toko dari berbagai literatur

  1. Speciality Store adalah suatu perdagangan eceran besar yang menjual barang-barang khusus atau yang terbatas jenisnya misalnya toko sepatu toko pakaian dan sebagainya yang khusus menjual barang itu saja
  2. Departemen Store di sini di jual barang-barang yang bersifat umum seperti pakaian perlengkapan alat-alat perabotan rumah tangga barang-barang pecah belah dan sebagainya yang biasanya sudah diatur dalam departemen departemen atau bagian-bagian berdasarkan kesamaan jenis dari barang-barang tersebut.
  3. General Store adalah toko yang menjual barang-barang beraneka warna misalnya dari pakaian sampai paku dan sepatu di mana biasanya tidak terdapat homogenity dalam penempatan barang-barang.
  4. Chain Store adalah toko yang tidak mempunyai polisi tersendiri dan tidak dapat membuat decision-making sendiri karena mereka tergantung pada pusat maksud dari chain Store ini ialah agar dapat menghadapi persaingan pada setiap macam barang kalau toko di suatu kota bisa membanting harga bila diperlukan untuk mendesak para saingan kerugian pada toko di kota tersebut ditutup dengan keuntungan toko di kota lain.
  5. Hypermarket adalah suatu toko eceran khusus dalam melakukan penjualan barang-barang yang mempunyai merk-merk terkenal dengan suatu raba-raba kepada para pembeli Hypermarket adalah suatu tokoh besar berlokasi di luar kota atau batas kota barang yang dijual 40% non food 60% food.
  6. Discount house adalah sebuah toko besar yang memberi diskon cukup besar kepada konsumen ciri-ciri diskon house ini adalah
  • menjual terkonsentrasi pada barang-barang khusus atau spesial little goods.
  • Diskon hush memberikan porting harga secara teratur dan konsisten untuk konsumen
  • Stok barang di toko ini terbatas dan banyak barang dijual dengan cara pesanan khusus
  • Disini tidak tersedia bagian service kerusakan jika barang yang dibeli konsumen rusak dan masih dalam masa garansi maka konsumen dapat langsung memperbaiki nya ke bagian servis yang ditunjuk oleh pabrikan
READ  BTN Luncurkan Logo Baru, Bertransformasi 'tuk Negeri

 

7. Supermarket istilah supermarket digunakan untuk setiap toko makanan yang besar yang sifatnya cash and carry self-service yang menjual bahan makanan dan minuman

8. Voluntary and cooperative chain Terdiri dari sekumpulan toko toko eceran yang bebas dan bergabung secara sukarela dengan seorang pedagang besar untuk pembelian reklame dan sebagainya.

9. Shopping center and rental Store Dalam pusat perbelanjaan itu dijumpai banyak kios atau ruko yang disewakan oleh pemiliknya tuku yang disewakan ini disebut rental Store di Bandung misalnya terdapat pusat perbelanjaan di sekitar alun-alun Timur Dalam kaum di daerah Kosambi Bandung indah plaza di Jalan Merdeka dan sebagainya dalam istilah lain juga disebut departemen yaitu departemen yang diserahkan.

Facebook

Sabolah

Tinggalkan Balasan

Subscribe for notification