Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak

  • Bagikan
Fernanda, PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN (FTK) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM . Photo : Ist

Karakter anak bangsa kian hari kian memudar, pada masa yang akan datang anak-anak yang sekarang akan menjadi pemimpin masa depan dan penentu masa depan bangsa.  Seorang pemimpin yang mampu memimpin dirinya adalah faktor yang paling utama. Hal yang perlu diperhatikan adalah pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. (Wikipedia: 2021)

Pendidikan dalam keluarga yang akan menjadi dasar pondasi karakter dalam berprilaku dan bersikap dalam bermasyarakat. Pada era modern dan sebra teknologi ini, sisi kehidupan banyak melakukan transisi dan mengurangi aktifitas diluar rumah.

Akan tetapi dengan perkembangan media dan tekhnologi menjadi tantangan dalam sebuah pendidikan karakter. Banyak orang tua yang memberikan keluasan yang sebebas-bebasnya terhadap anaknya dengan membelikan gadget sejak usia dini.

Mereka beralasan tindakan tersebut akan lebih aman dan mudah dalam pengawasan aktifitas buah hati. Tapi meraka belum memikirkan bagaimana pengaruh media terhadap perkembangan yang muncul dari kebiasaan memainkan gadget. Banyak dampak negatif yang akan muncul diantaranya: akan sulit bersosialisasi, lamban dalam perkembangan motori dan perubahan perilaku yang signifikan. Sehingga sangat penting peran orang tua untuk mengawasi, mengontrol dan memperhatikan segala aktivitas anak.

Kata Kunci : Gadget, Dampak Negatif, Peran Orang Tua.

Kemajuan teknologi sekarang ini sangat pesat dan semakin canggih. Banyak teknologi canggih yang telah diciptakan membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang. Sepertinya gadget dapat memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Sekarang ini setiap orang di seluruh dunia pasti sudah memiliki gadget. Tak jarang kalau sekarang ini banyak orang yang memiliki lebih dari satu gadget Ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor.

Sekarang ini pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja. Tetapi hampir semua kalangan termasuk anak dan balita sudah memanfaatkan gadget dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari. Hampir setiap orang yang memanfaatkan gadget menghabiskan banyak waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget. Oleh karenanya gadget juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri bagi kalangan orang tertentu. Akan tetapi banyak dampak negatif yang muncul dalam Puji Asmaul Chusna Pengaruh Gadget,pemanfaatan geadget bagi kalangan remaja, anak, bahkan balita. Meskipun sebagian besar dari masyarakat memanfaatkan gadget untuk komunikasi, urusan pekerjaan atau bisnis, mencari informasi, ataupun hanya sekedar untuk mencari hiburan.

Dewasa ini sering sekali kita menemukan pemanfaatan gadget menjadi salah satu jalan pintas orang tua dalam pendamping sebagai pengasuh bagi anaknya. Dengan berbagai fitur dan aplikasi yag menarik mereka memanfaatkannya untuk menemani anak agar orang tua dapat menjalankan aktifitas dengan tenang, tanpa khawatir anaknya keluyuran, bermain kotor, berantakin rumah, yang akhirnya membuat rewel dan mengganggu aktifitas orang tua. Anak dengan lihai dapat mengoperasikan gadget dan fokus pada game atau aplikasi lainnya. Orang tua belakangan ini banyak yang beranggapan gadget mampu menjadi teman bermain yang aman dan mudah dalam pengawasan. Sehingga peran orang tua sekarang sudah tergantikan oleh gadget yang seharusnya menjadi teman bermain.

READ  Peran Guru Dalam Membentu Akhlak dan Moral Pelajar

Pengertian dan sejarah Gadget

Gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya.

•Gadget memiliki fungsi dan manfaat yang realtif sesuai dengan penggunanya. Fungsi dan manfaat gadget secara umum diantaranya:

Dampak Positif

1. Komunikasi
Pengetahauan manusia semakin luas dan maju. Jika zaman dahulu manusia berkomunikasi melalui batin, kemudian berkembang melalui tulisan yang dikirimkan melalui pos. Sekarang zaman era globalisasi manusia dapat berkomunikasi dengan mudah, cepat, praktis dan lebih efisien dengan menggunakan handphone.
2. Sosial
Gadget memiliki banyak fitur dan aplikasi yang tepat untuk kita dapat berbagi berita, kabar, dan cerita. Sehingga dengan pemanfaatan tersebut dapat menambah teman dan menjalin hubungan kerabat yang jauh tanpa harus menggunakan waktu yang relatif lama untuk berbagi.
3. Pendidikan
Seiring berkembangnya zaman, sekarang belajar tidak hanya terfokus dengan buku. Namun melalui gadget kita dapat mengakses berbagai ilmu pengetahuan yang kita perlukan. Tentang pendidikan, politik, ilmupengetahuan umum, agama, tanpa harus repot pergi ke perpustakaan yang mungkin jauh untuk dijangkau.

•Dampak Positif dan Negatif dari Pemakaian Gadget.

1. Mampu merangsang kemampuan anak untuk berpikir kreatif

Ma, perlu diketahui bahwa penggunaan gadget terhadap anak-anak bisa memberikan sisi yang positif bila digunakan dengan baik. Merangsang daya kreativitas anak bisa menjadi salah satu dampak positif dari gadget apalagi jika diimbangi dengan sebuah karya.

Semakin berkembangnya teknologi terdapat beberapa aplikasi yang dapat melatih keseimbangan antara otak kiri dan kanan anak, sehingga semakin terasah dengan baik. Penggunaan gadget yang tepat bisa membantu anak berkarya sebagai seorang konten kreator.

Teknologi yang kian maju memperkenalkan anak pada cita-cita untuk menjadi seorang YouTuber atau vlogger. Mama tidak perlu langsung menunjukkan reaksi penolakan serta menganggap keinginannya buruk, namun ada baiknya di arahkan agar bisa memberikan sebuah pengalaman yang positif.

READ  Dampak Handphone Terhadap Akhlak Anak

Perkembangan teknologi serta cita-cita baru inilah yang dapat memicu anak untuk mampu berpikir lebih kreatif dengan berbagai ide cemerlang. Tugas Mama hanya tinggal mengarahkan agar berjalan sesuai dengan keinginannya.

2. Melatih cara berpikir anak menjadi lebih kritis

Perkembangan teknologi dari hari ke hari dapat membantu anak-anak meningkatkan kemampuan kognitifnya bahkan bisa lebih signifikan. Perlu Mama ketahui bahwa kemampuan kognitif ini dapat membantu dirinya sendiri meningkatkan keterampilan cara berpikirnya di masa mendatang, termasuk memecahkan sebuah masalah.

Kognitif yang baik juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membuat sebuah strategi seperti perencanaan ketika ingin memberikan solusi.

Selain itu, gadget bisa memberikan sisi lain yang positif seperti ada banyak media interaktif, video game atau aplikasi edukatif lainnya. Tanpa disadari ini dapat membantu anak mama merangsang kemampuan berpikirnya apalagi saat dirinya tidak mengerti, maka ia akan lebih kritis untuk bertanya.

Beberapa permainan juga dapat merangsang cara berpikir anak untuk memecahkan masalah agar bisa berkembang dan menjadi lebih dewasa.

3. Membantu anak dalam merangsang kemampuan motorik

Orangtua seringkali merasa khawatir bahwa anak-anak yang keseringan bermain gadget akan memberikan dampak buruk. Semua ini memang bisa terjadi bila orangtua dan anak pun tidak bisa mengontrol penggunaan gadget secara tepat.

Maka dari itu, untuk meminimalisir segala dampak duruk memang sebaiknya dibatasi penggunaannya. Namun, berikan waktu tersendiri untuk anak bisa mengaksesnya seperti saat akhir pekan agar ia pun bisa belajar mengenai sisi positif dari gadget.

American Academy of Pediatric (AAP) mengungkapkan bahwa kehadiran gadget juga bisa mendukung tumbuh kembang anak ke arah yang positif asalkan tetap perlu pendampingan dari orangtua.

Kemampuan motorik anak juga bisa meningkat karena berkaitan dengan gerakan otot-otot tubuh ketika menggunakan gadget. Bahkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya bisa semakin terlatih ketika sedang bermain sebuah aplikasi tertentu.

Secara tidak langsung kemampuan motorik anak di masa pertumbuhannya akan semakin meningkat.

4. Anak menjadi lebih pintar dalam memilih berbagai informasi

Penggunaan gadget pada anak-anak yang sudah masuk sekolah akan memudahkan dirinya untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Apalagi si Anak pun perlu memahami perkembangan lingkungan sekitar untuk memperkaya pengetahuan serta informasinya.

Namun, Mama sebagai orangtua juga perlu tetap mengawasi mengenai apa saja yang telah diakses oleh anak-anak ketika sedang mencari berbagai informasi menggunakan gadget. Meskipun dapat memberikan sisi positif untuk pengetahuannya, sebaiknya tetap diawasi agar anak mama tetap mengakses semua konten yang sesuai dengan usianya.

READ  Pentingnya Penanaman Akhlak yang Baik Pada Anak

Pantau terus dan usahakan jangan sampai penggunaan gadget pada si Anak terlalu berlebihan ya, Ma.

5. Memberikan kemudahan untuk bisa berkomunikasi secara lebih intens

Dampak negatif
1. Merusak mata.
Jika Anda pernah merasa mata lelah dan perih saat melihat ponsel. tidak mengherankan sebenarnya. Karena ketika mata diajak terus- menerus fokus pada benda kecil mata akan kering dan di tingkat paling ekstrim bisa menderita infeksi.
2. Mengubah postur tubuh.
Kirsten Lord seorang ahli fisioterapi mengungkapkan bahwa tubuh bereaksi akan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika kerap melihat ponsel leher dan pundak turut terkena efeknya
3. Kulit wajah kendur.
Dr Sam Bunting seorang ahli dermatologi mengungkapkan banyak perempuan di usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di bagian wajah khususnya rahang yang mulai menurun. “Seiring usia elastisitas kulit menurun ditambah lagi dengan kebiasaan melihat ke bawah saat bersama ponsel dalam durasi lama. Hal ini akan membuat kulit menurun kualitasnya.”
4. Mengganggu pendengaran.
Hampir setiap pengguna ponsel atau tablet tampak mengenakan headphone untuk mendengarkan musik. Namun ini tidak baik jika terus-menerus dilakukan. apalagi dengan volume yang terlalu besar.
5. Mengganggu saat istirahat.
Komputer, laptop, tablet. dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona menganjurkan agar setiap orang menurunkan kadar cahaya di ponsel lebih rendah sehingga tidak

KESIMPULAN
jadi maksud Perkembangan teknologi pada anak ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Begitu banyak kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dalam penggunaan teknologi. Saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan sangat real tanpa terhambat ruang dan waktu. Teknologi seperti gadget saat ini semkain canggih tidak hanya dalam mengirim suara untuk mengirim gambar lebih mudah tanpa mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Pengguna teknologi tidak dibatasi usia.

Kini kehidupan sosial anak-anak lebih terpengaruh oleh teknologi. Lebih sering anak usia dini berinteraksi dengan gadget dan juga dunia maya mempengaruhi daya pikir anak terhadap sesuatu di luar hal tersebut, ia juga akan merasa asing dengan lingkungan sekitar karena kurangnya interaksi sosial. Namun kemajuan teknologi juga dapat membantu daya kreatifitas anak jika pemanfaatannya diimbangi dengan interaksi anak-anak dengan lingkungan sekitarnya. Mereka tahu bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk memuaskan hasrat bermain mereka. Sebaiknya orang tua mengawasi ketika anak-anaknya bermain gadget agar mereka tidak terlalu tergantung dengan gadget dan tidak melupakan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Fernanda : (Penulis Merupakan Mahahsiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Mataram)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berlangganan    Yes No thanks