Pentingnya Pendidikan Akhlak Dalam Kehidupan Sosial

  • Bagikan

Penulis; Haeratul Wardati /Mahasiswa UIN Mataram

Lombokfokus.com | Akhlak merupakan ukuran dari keperibadian seseorang .ada juga yang mengatakan akhlak adalah sifat tubuh yang menyatu dalam diri seseorang. Hal yang perlu kita ketehaui dalam kehidupan sosial yaitu bagaimana kita mampu meimplementasikan akhlak yang baik dalam kehidupan sosial karena hal yang terpenting dalam hidup ini bagaimana berakhlak yang baik dalam tatanan kehidupan sosial .jika kita ingin mewujudkan pendidikan akhlak dalam kehidupan sosial hal yang perlu kita tanamkan adalah membangun emosional terhadap satu individu dengan individu lain ,selain itu juga untuk membentuk pendidikan akhlak dalam kehidupan sosial kita harus membangun loyalitas,solidaritas dan tolong menolonga.

akhlak merupakan ukuran keperibadian suatu individu.tidak ada tujuan yag lebih penting bagi pendidikan akhlak islam dari pada membimbing umat manusia diatas prinsip kebenaran.akhlak yang baik meupakan tujuan pokok dari pendidikan .Kehidupan sosial tidak akan mencapai konsistensinya dan tidak akan dapat merealisasikan tujuan-tujuannya kecuali dibangun di atas keharmonisan dan ketepatan hubungan antar sesama anggotanya yang kokoh. Stabilitas ini hanya dapat ditopang oleh aktivitas mereka bersama, di bidang sosial-ekonomi dengan konsep yang solid dan mencerminkan keadilan. Kehidupan sosial membawa banyak konsekuensi yang tidak boleh diabaikan apalagi ditinggalkanoleh setiap warga masyarakat. Islam membangun kehidupan sosial di atas prinsip keseimbangan yang ketat antara kebutuhan individu dan kebutuhan kolektif. Maka menurut Islam kepentingan masyarakat tidak boleh mengalahkan kepentingan pribadi dan sebaliknya interes pribadi tidak boleh mendominasi kepentingan umum. Islam memperhatikan dua kepentingan ini dalam takaran yang berimbang dengan jaminan harkat dan martabat individu tetap terjaga dan tujuan bersama dari masyarakat tetap tercapai serta tugas kolektif tetap terlaksana.

READ  Segera Gelar Munas, IKA Unram Perkuat Silaturahmi dan Sinergitas

 

Pentingnya akhlak tidak terbatas pada perorangan saja, tetapi penting untuk bertetangga, masyarakat, umat dan kemanusiaan seluruhnya. Di antaranya akhlak terhadap tetangga dan masyarakat adalah saling tolong menolong, saling menghormati, persaudaraan, pemurah, penyantun, menepati janji, berkata sopan Aspek penting dalam ,yang masih dilupakan oleh sebagian orang adalah pendidikan akhlak Tidak ada tujuan yang lebih penting bagi pendidikan akhlak daripada membimbing umat manusia di atas prinsip kebenaran dan jalan lurus, jalan Allah yang dapat mewujudkan kebahagiaan dunia-akhirat mereka. Akhlak yang baik ialah tujuan pokok pendidikan ini dan akhlak tidak disebut baik kecuali jika sesuai dengan ajaran Al-Our’an

Pendidikan akhlak mampu menjadikan seseorang menumbuhkan akhlak yang baik dan menghilangkan akhlak yang buruk. Akhlak didefinisikan yaitu kondisi keadaan jiwa yang tetap yang menjadi sumber perbuatan yang wajar. Realitanya, perilaku serta budi pekerti (akhlak) dari pelajar saat ini sangatlah memprihatinkan, diantaranya mereka cenderung bertutur kata yang kurang baik, bertingkah laku yang kurang sopan, dan tidak lagi patuh terhadap orang tua maupun gurunya. Hal ini tentu saja dipengaruhi kondusif tidaknya pendidikan budi pekerti yang mereka dapatkan, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan akhlak merupakan permasalahan utama yang menjadi tantangan manusia sepanjang sejarahnya.

Sejarah bangsa-bangsa yang diabadikan dalam al qur‟an baik kaum „Ad, Tsamud, Madyan maupun yang didapat dalam buku-buku sejarah menunjukkan bahwa suatu bangsa akan kokoh apabila akhlaknya kokoh dan sebaliknya suatu bangsa akan runtuh bila akhlaknya rusak.oleh sebab itu hal yang terpenting dalam kehidupan sosial bagaimana membentuk pendidikan akhlak yang bertujuan membentuk kepribadian bersosial yang baik dan berakhlak. Hal yang perlu kita ketehaui dalam kehidupan social yaitu bagaimana kita mampu meimplementasikan akhlak yang baik dalam kehidupan sosial karena hal yang terpenting dalam hidup ini bagaimana berakhlak yang baik dalam tatanan kehidupan sosial. Jika kita ingin mewujudkan pendidikan akhlak dalam kehidupan social hal yang perlu kita tanamkan adalah membangun emosional terhadap satu individu dengan individu lain, selain itu juga untuk membentuk pendidikan akhlak dalam kehidupan social kita harus membangun loyalitas, solidaritas dan tolong menolong.

READ  Peroleh Keberkahan Ilmu Dengan Kedepankan Adab Kepada Guru

berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan betapa pendidikan akhlak adalah hal yg terpenting dalam kehidupan sosial. Karena hal yang menjadi tantangan sepanjang zaman ialah pendidikan akhlak budi bekerja yang baik. Jika pendidikan akhlak kurang makan tak akan ada kedamaian dalam kehidupan bersosial. Jika kita ingin mewujudkan pendidikan akhlak dalam kehidupan social hal yang perlu kita tanamkan adalah membangun emosional terhadap satu individu dengan individu lain, selain itu juga untuk membentuk pendidikan akhlak dalam kehidupan social kita harus membangun loyalitas, solidaritas dan tolongmenolong.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berlangganan    Yes No thanks