Pengaruh Pendidikan Aqidah Terhadap Sikap Santun Siswa Kepada Guru

  • Bagikan

Lombokfokus.com |Pembelajaran adalah suatu kegiatan untuk mengubah tingkah laku yang diusahakan oleh dua belah pihak yaitu antar pendidik dan peserta didik sehingga terjadi komunikasi dua arah. pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Akidah akhlak sangatlah penting bagi manusia tetapi tetapi akidah akhlak juga berarti bagi kehidupan keluarga dan masyarakat.

Pada proses pembelajaran akidah akhlak saya melihat disana peran guru dalam mengelola kondisi kelas termasuk tidak stabil atau kurang maksimal. Seharusnya guru pada saat pembelajaran harus membangun karakteristik siswa dan kepribadian siswa yang beakhlak.

 

Upaya yang dapat di tempuh agar proses pembelajaran akidah akhlak menjadi dampak bagi pembentukan kepribadian siswa adalah dengan adanya rasa peduli terhadap murid yang kurang berakhlak dan kurang menerapkan pembelajaran akidah akhlak yang telah di sampaikan guru di kelas kepada siswa.

 

Penguasaan kelas merupakan suatu kemampuan/ketrampilan yang dimiliki oleh guru dalam membentuk karakter atau kepribadian siswa yang berakhlak. Kurangnya tingkah laku siswa di sekolah yang menerapkan prilaku yang menggambarkan jika para siswa menerapkan pelajaran akidah akhlak yang di terima di dalam kelas .

 

kurangnya rasa peduli yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran akidah akhlak akan berdampak pada pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran akidah akhlak yang di berikan . oleh karena itu sangat diperlukanya motivasi,teguran dan nasehat dari guru agar siswa dapat menerapkan prilaku di kehidupan sehari hari.

 

pembelajaran akidah akhlak yang aktif pada saat proses pembelajaran akidah akhlak.

Mereka sering melamun, melakukan kegiatan lain seperti mengobrol dengan teman satu meja, mereka tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. pengelolan dan pembentukan kepribadian siswa dengan cara menegur atau menasehati siswa yang kurang sopan dan kurang menghormati guru dan staff di lingkungan sekolah.

READ  Pendidikan Akhlak Masa Pandemi

Penulis: Indah Erlina Apriani/Universitas Islam Negri Mataram

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berlangganan    Yes No thanks