Alumni UNRAM Wajib Turun ke Bisnis

  • Bagikan

MATARAM, – Konsep membawa Universitas Mataram (Unram) Mendunia yang digagas H. Faurani sebagai Calon Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) pada Musyawarah Nasional (Munas) IV kali ini, menuai respon kalangan pelaku usaha di provinsi NTB.

CEO NTB Mall, H. Ricky Hartono Putra mengatakan, konsep Unram Mendunia itu tak ubahnya menjawab tantangan bagaimana peran alumni itu, harus memiliki tanggung jawab membantu Unram dalam mencapai misinya.

Ketua HIPMI Cabang Kota Mataram memberi contoh, peran alumni dalam mempromosikan hasil penelitian Unram, serta membantu kegiatan belajar mengajar melalui penyediaan tempat magang baik di perusahaan maupun kerja sosial di pedesaan dalam konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Nah Unram Mendunia itu saya maknai adalah bagaimana alumni Unram itu berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Khususnya, dari sisi pemberdayaan ekonomi. Disitu, alumni itu harus bisa membuat dan menggerakkan kelompok masyarakat di lingkungannya untuk bisa berwirausaha,” kata Ricky pada wartawan, Kamis (27/5).

Ia mengaku, sudah bisa membaca gagasan Unram Mendunia itu adalah upaya H. Faurani sebagai Ketua Kadin NTB dalam menggerakkan relasi bisnisnya di level nasional untuk membantu almamaternya untuk bisa mendunia.

Apalagi, kata Ricky, sesuai data rilis Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, baru-baru ini, maka tingkat pengangguran terbuka (TPT) tertinggi terdapat pada penduduk dengan lulusan pendidikan tamatan Universitas atau perguruan , yaitu sebesar 7,07 persen.

Tentunya, tingginya angka lulusan TPT sebagai penyumbang pengangguran di NTB, hal itu jelas menjadi keprihatinan untuk para lulusan alumni. Khususnya, Unram untuk menjawab tantangan tersebut.

“Tapi saya kok yakin dengan pengalaman dan kemampuan pak H. Faurani yang sudah teruji dan mapan dari sisi apapapun. Khususnya, ekonominya, Maka, beliau dapat menggerakkan relasi bisnisnya. Termasuk, pemerintah, baik pusat dan daerah hingga BUMN dan BUMD untuk bersama-sama dengan IKA Unram mengatasi persoalan pengangguran di NTB itu,” ujar Ricky.

READ  Dislutkan NTB Lepas 8 ASN Yang Telah Memasuki Masa Purna Tugas

Lulusan Fakultas Ekonomi Unram itu, berjanji akan siap membantu dan memberikan pengabdiannya untuk memberikan pelatihan kewirausahaan untuk berbisnis bagi para calon lulusan Unram maupun perguruan tinggi lainnya di NTB.

“Intinya, peluang meraup uang jutaan rupiah itu terbuka bagi siapapun yang mau berusaha. Asalkan, kita punya kemampuan dan mau merubah mainshet kita untuk mau berwirausaha,” ucap Ricky

Selain itu. Sebagai lulusan Unram yang berhasil dan mapan dari sisi ekonomi. Ricky berharap para alumni yang maju dalam bursa pertarungan merebut bursa Ketua IKA Unram kali ini, agar tetap mengedepankan persaudaraan dan kebersamaan, serta silaturahmi dalam memajukan IKA Unram empat tahun kedepannya.

Mengingat, para calon ketua IKA Unram yang kini telah mendaftar merupakan figur yang sangat hebat serta dikenal publik selama ini.

Hanya saja, Ricky menitipkan pada Ketua IKA Unram agar Unram bisa menjadi kampus bergensi dan digemari masyarakat lagi, kerjasama dengan seluruh BUMN agar lulusan terbaik Unram bisa masuk BUMN tanpa tes bisa diperjuangkan.

“Kalau saya pribadi berharap pak Faurani yang menang. Tapi, Insya Allah, siapapun yang jadi Ketua IKA, saya siap membantu dan berkolaborasi memberdayakan alumni untuk mau terjun ke dunia bisnis,” tandas Ricky Hartono Putra.

Diketahui, Musyawarah IV Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Mataram (Unram) bakal dihelat dalam hitungan hari. Forum yang memegang kekuasaan tertinggi organisasi di tingkat pusat yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali ini akan digelar pada 28-30 Mei di Same Hotel, di Kota Mataram.(**).

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Berlangganan    Yes No thanks