Personel Bhabinkamtibmas Berjibaku Sukseskan Kampung Sehat 2

Sumbawa Barat – Berbagai upaya dilakukan dalam mensukseskan Program Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru, yang dihajatkan Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., dalam menekan dan memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Personel Bhabinkamtibmas bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, bahu membahu melakukan contact tracing terhadap keluarga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kapolres Sumbawa Barat melalui Paur Humas Ipda Eddy Soebandi, Rabu (17/3/2021), mengungkapkan bahwa contact tracing itu dilakukan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban (Bhabinkamtibas) Desa Labuhan Lalar, tepatnya di Dusun Bangsal pada Senin, 15 Maret 2021.

“Dari hasil swab diketahui ada salah satu warga Dusun Bangsal, terkonfirmasi positif Covid-19. Nah, Briptu Agus Rahmat Hidayat bersama Dinas Kesehatan, langsung bergerak melakukan contact tracing terhadap keluarga pasien itu,” ungkapnya.

“Hal itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di desa tersebut,” imbuhnya.

Dikatakan, sesuai tugas dan fungsinya sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat, personel Polri harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi apapun. Dalam kasus ini personel Bhabinkamtibmas hadir membantu petugas kesehatan, untuk memberi rasa aman bagi keluarga pasien yang terpapar Covid-19.

“Jadi, dengan kehadiran personel Bhabinkamtibmas yang sering berkunjung dan sering mereka temui, keluarga pasien setelah mendapat penjelasan dari anggota, tanpa ragu saat petugas kesehatan melakukan contact tracing,” jelas Ipda Eddy.

Selain itu, lanjutnya, personel Bhabinkamtibmas juga memberi imbauan kepada warga sekitar, kaitannya dengan protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), melalui penerapan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, membatasi mobilitas dan interaksi serta menghindari kerumunan.

“Briptu Agus yang memang bertugas di desa tersebut, tak henti-hentinya mengimbau warga agar mendukung terciptanya Kampung Sehat, dengan mematuhi 5M dan menjaga kamtibmas tetap kondusif,” ujarnya.

Default image
Admin
Articles: 2242

Leave a Reply