10 Website Referensi untuk Membuat Skripsi dan Cara Menghindari Plagiat di Bawah 10%

10 Website Referensi untuk Membuat Skripsi dan Cara Menghindari Plagiat di Bawah 10%

Lombok Fokus – Membuat skripsi adalah salah satu tugas akademik terpenting dalam perjalanan pendidikan Anda. Namun, sumber informasi yang tepat dan menghindari plagiat adalah dua aspek penting dalam menyelesaikan tugas ini dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda kepada sepuluh website referensi yang dapat membantu Anda dalam penulisan skripsi, serta memberikan tips tentang cara menjaga tingkat plagiat di bawah 10%.

Website Referensi untuk Membuat Skripsi

1. Google Scholar (https://scholar.google.com/): Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang memungkinkan Anda menemukan makalah ilmiah, jurnal, dan artikel penelitian terbaru dalam berbagai disiplin ilmu.

2. PubMed (https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/): Jika Anda mengkhususkan diri dalam ilmu kedokteran atau ilmu kesehatan, PubMed adalah sumber yang sangat berguna untuk menemukan makalah-makalah ilmiah dan penelitian terbaru.

3. IEEE Xplore (https://ieeexplore.ieee.org/): Bagi mereka yang mempelajari teknologi dan rekayasa, IEEE Xplore adalah tempat yang bagus untuk menemukan makalah teknis, konferensi, dan jurnal ilmiah.

4. JSTOR (https://www.jstor.org/): JSTOR menyediakan akses ke ribuan jurnal, buku, dan sumber referensi akademik di berbagai bidang studi.

5. ResearchGate (https://www.researchgate.net/): ResearchGate adalah jejaring sosial akademik yang memungkinkan peneliti berbagi penelitian mereka dan mengakses publikasi lainnya.

6. Academia.edu (https://www.academia.edu/): Website ini memberikan akses ke ribuan makalah ilmiah dan tesis yang dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan skripsi.

7. ProQuest (https://www.proquest.com/): ProQuest adalah sumber referensi yang luas dan mencakup berbagai topik seperti ilmu sosial, humaniora, dan banyak lagi.

8. Microsoft Academic (https://academic.microsoft.com/): Mesin pencari akademik ini dapat membantu Anda menemukan makalah ilmiah, jurnal, dan konferensi dari berbagai bidang studi.

9. CORE (https://core.ac.uk/): CORE adalah portal pencarian akademik yang memberikan akses ke jutaan makalah ilmiah dari berbagai sumber.

READ  Bibit Unggul NTB Dapat Dukungan dari Warga Landah Jadi Wakil Rakyat

10. Scopus (https://www.scopus.com/): Scopus adalah database penelitian multidisiplin yang mencakup makalah, konferensi, dan jurnal ilmiah dari seluruh dunia.

Cara Menghindari Plagiat di Bawah 10%

1. Cantumkan Sumber dengan Benar: Pastikan Anda selalu memberikan kredit kepada penulis asli dengan menyertakan kutipan yang tepat dan merujuk ke sumbernya dengan benar.

2. Paraphrasing yang Baik: Jika Anda ingin menyajikan ide orang lain dalam kata-kata Anda sendiri, praktikkan paraphrasing yang baik, yaitu mengungkapkan ulang ide dengan kata-kata Anda sendiri, tetapi tetap setia pada makna aslinya.

3. Gunakan Perangkat Anti-Plagiat: Gunakan perangkat lunak anti-plagiat seperti Turnitin atau Copyscape untuk memeriksa kesamaan antara tulisan Anda dengan sumber-sumber yang ada di internet.

4. Buat Catatan Rujukan: Selalu catat sumber-sumber yang Anda gunakan sejak awal penelitian Anda. Ini akan membantu Anda merujuk kembali ke sumber-sumber tersebut saat menulis skripsi Anda.

5. Mengutip dengan Akurat: Saat mengutip, pastikan Anda mencantumkan seluruh informasi yang diperlukan seperti nama penulis, judul artikel, jurnal, tahun publikasi, dan halaman yang relevan.

6. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing: Selalu berkomunikasi dengan dosen pembimbing Anda untuk mendapatkan panduan yang jelas tentang cara menghindari plagiat dalam penelitian Anda.

7. Edit dengan Teliti: Setelah menyelesaikan draf skripsi, lakukan penyuntingan dan perbaikan untuk memastikan semua kutipan dan rujukan telah ditangani dengan benar.

8. Gunakan Perangkat Lunak Plagiat: Sebelum mengirimkan skripsi Anda, gunakan perangkat lunak deteksi plagiarisme untuk memeriksa kemiripan teks Anda dengan sumber-sumber lain.

Dengan menggunakan referensi dari website akademik yang sah dan mengikuti pedoman untuk menghindari plagiarisme, Anda dapat memastikan bahwa skripsi Anda akan menjadi karya yang orisinal dan bermanfaat untuk komunitas akademik Anda. Selalu prioritaskan kejujuran dan integritas dalam penulisan akademik Anda. (LF-01)

Facebook

Bank NTB Syariah
Sabolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe for notification